Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Waktu


Topswara.com -- Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

وَا لْعَصْرِ 
"Demi masa."
(QS. Al-'Asr 103: 1)

Waktu, sesuatu yang sangat penting. Hingga Allah pun bersumpah atas namanya.
Diabadikan sebagai salah satu surat dalam Al-Qur'an yang mulia.

Waktu, sesuatu yang penting bagi manusia, sebenarnya. Hingga terkadang manusia berharap masih diberi banyak waktu lagi untuk melakukan pekerjaan dan meraih apa yang belum bisa dicapainya.

Tetapi, terkadang (atau seringkali) manusia lalai dengan waktu. Menyia-nyiakan waktu yang sudah diberikan Allah kepadanya. Membiarkan waktu berjalan tanpa mengisinya dengan amalan yang berguna. Berpikir bahwasanya dia masih punya banyak waktu untuk menunaikan semua pekerjaannya. Padahal waktu adalah rahasia Allah. 

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi semenit, sejam atau beberapa jam lagi. Tak ada yang bisa menjamin seseorang akan diberi banyak waktu. Bukankah ajal juga hanya Allah yang tahu?

Waktu begitu penting menurut Allah. Hingga waktu menjadi satu hal yang juga akan dimintai pertanggungjawaban oleh Allah. Kelak Allah akan bertanya kepada manusia: untuk apa waktu luang kita gunakan? Untuk apa masa muda kita habiskan?

Rasulullah Muhammad SAW sendiri juga bersabda bahwasanya waktu itu seperti pedang. Barangsiapa tidak bisa menggunakannya dengan baik, maka akan bisa membinasakan manusia sendiri.

Waktu, sesuatu yang berjalan dengan pasti, tak bisa dihentikan dan tak bisa diputar ulang. Hingga ketika manusia lalai membiarkannya berlalu tanpa amalan, manusia seringkali berujar, "Andai waktu bisa ku putar kembali, aku akan....."
Ah...penyesalan yang datang di belakang sungguh tak ada gunanya bukan?

Waktu, sesuatu yang kadang menjadi sumber imajinasi manusia tak punya akal. Hingga tercipta bualan mesin pemutar waktu yang bisa merubah segalanya. Meski hanya sebatas hiburan, cukup membuat mereka yang kurang akal terhibur dengannya.

Waktu, sesuatu yang sangat dinantikan manusia di seluruh dunia. Hingga setiap pergantian tahun baru, 1 Januari, dia diperingati dengan penuh gegap gempita di seluruh penjuru dunia.

Termasuk malam ini, 29 syakban, umat Islam berupaya melihat hilal 1 Ramadhan. Fenomena alam yang merupakan penanda berubahnya waktu. Sesuatu yang sangat urgen sekali. 

Karena pergantian waktu ini akan menentukan dimulainya bulan Ramadan yang mulia. Bulan yang sangat dinantikan kehadirannya oleh seluruh umat Islam di dunia. Bulan yang penuh kebaikan dan keberkahan.

Hilal, apakah besok sudah tanggal 1 Ramadhan?


Oleh: Salma Azizah
Aktivis Muslimah
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar