Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Peristiwa Penting di Bulan Ramadan (Bagian 20) Hancurnya Uzza

Topswara.com -- Di antara peristiwa tanggal 25 Ramadan adalah dihancurkannya patung Uzza pada tahun 8 H, tahun penaklukan Kota Makkah, bertepatan dengan 15 Januari 630 M. (Al-Bidayah,4/306). 

Ibnu Ishaq berkata, "Rasulullah SAW mengutus Khalid bin walid ke Uzza. Uzza adalah rumah di tengah kebun kurma yang diagungkan oleh kaum Quraisy,
Kinanah dan Mudhar.

Para juru kunci tempat ini berasal dari Bani Syaibah, salah satu klan Bani Sulaim yang merupakan sekutu Bani Hasyim. Ketika penjaga Azza, As-Sulaimi mendengar bahwa Khalid bin Walid tengah menuju Uzza, ia gantungkan pedangnya di atas Uzza, kemudian bersembunyi di gunung tempat Uzza tersebut. 

Ia berkata: "Wahai Uzza, lawanlah  Khalid dengan perlawanan yang sengit. Lepaskanlah topeng dan bersiap-siaplah melawannya. Wahai Uzza, jika kamu tidak bisa membunuh si Khalid itu, maka kamu segera menanggung dosanya atau silakan ikuti (Tuhan) kaum Nasrani."

Ketika Khalid sampai di Uzza, ia segera menghancurkannya kemudian kembali kepada Rasulullah SAW dan mengabarkan kepada beliau apa yang telah dilakukannya. Beliau bertanya, "Apa yang kamu lihat?" Khalid menjawab, "Saya tidak melihat sesuatu apa pun."  maka Rasul menyuruh Walid kembali ke Uzza. 

Begitu tiba di lokasi Uzza, dari rumah itu keluar seorang perempuan hitam berambut kusut sambil menangis dengan suara keras. Khalid membunuh perempuan itu dengan pedang sambil berkata, "Wahai Uzza, durhaka kamu. Tidak ada kesucian pada dirimu. Sungguh aku melihat Allah telah menistakanmu."

Khalid memukul rumah tempat kediaman perempuan itu dan mengambil harta benda yang tersimpan di dalamnya. Kemudian ia kembali dan mengabarkan kepada Nabi. Beliau bersabda, " Itulah Uzza. Dia tidak akan di sembah lagi selamanya.

Di sadur dari buku Berjudul Peristiwa-peristiwa Penting di Bulan Ramadan karya DR Abdurrahman Al-Baghdady.


Oleh: Kholda Najiyah
Founder Salehah Institute

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar