Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Persatuan Umat Islam

Topswara.com -- Peradaban Islam pernah menguasai 3/4 bagian dunia. Semua tunduk pada kekuasaan seorang Khalifah kurang lebih selama kurang lebih 14 abad. Sampai pada akhirnya khilafah berhasil diruntuhkan oleh Musthafa Kemal Ataturk pada tahun 1924 Masehi dan akhirnya negara-negara Islam pun terpecah belah menjadi negara-negara kecil tanpa naungan seorang khalifah. 

Keruntuhan khilafah merupakan akar munculnya nasionalisme dan nation state di tubuh umat Islam yang ternyata menciptakan cikal bakal perpecahan umat.

Dampak buruk dari nasionalisme dan nationstate ini dapat kita lihat di Palestina yang merupakan korban dari buruknya kedua paham ini. Sejak pertama kali dijajah oleh zionis Yahudi 75 tahun yang lalu, Palestina berjuang sendirian tanpa bantuan yang berarti dari negara-negara muslim. 

Negara-negara muslim tersebut seolah-olah tak berdaya karena mereka terikat oleh paham nasionalisme dan faktor nationstate yang telah berakar di dada mereka. Para penguasa tersebut menganggap penjajahan di Palestina adalah masalah Palestina sendiri dan harus diselesaikan oleh Palestina sendiri.

Di negeri kita sendiri, ukhuwah Islam masih sangat rapuh, mudah goyah. Apalagi menjelang pilpres 2024 ini, berbeda pilihan membuat mereka menjaga jarak bahkan ada yang sampai memutuskan tali silaturahmi. Sikap ashobiyah begitu kental di negeri ini. 

Mereka menganggap pilihan mereka adalah yang terbaik tanpa memperhatikan tentang kebenaran dari apa yang mereka pilih. Bukan hanya itu, banyak juga diantara mereka yang mengajak saudara, teman, tetangga, dan orang-orang di sekitarnya untuk mengikuti apa yang mereka ikuti. Dan tentunya tanpa memperhatikan itu benar atau salah.

Dalam Islam, menjaga persatuan (ukhuwah) Islam sangatlah penting dan diwajibkan bagi setiap muslim. Seperti yang tercantum dalam Al-Qur'an surah Al Hujurat ayat 10, yang artinya "Sungguh kaum mukmin itu bersaudara. Karena itu damaikanlah diantara dua saudara kalian".

Dan Allah juga berfirman dalam surah Ali Imran ayat 103, yang artinya "Berpeganglah kalian semuanya pada tali (agama) Allah dan janganlah kalian bercerai berai". Ayat ini menjelaskan bahwa kita harus selalu menjaga persatuan dan kesatuan dan melarang kita bercerai berai.

Persatuan umat akan segera terwujud jika kita bersama-sama berjuang untuk menegakkan khilafah. Sebab kesatuan di bawah naungan Khilafahlah umat Islam benar-benar akan bersatu dan kuat. 

Wallahu a’lam Bisshawab.


Oleh: Nur Hidayati
Aktivis Muslimah
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar