Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Memanfaatkan Hari-Hari Terakhir Ramadhan untuk Optimalisasi Beribadah


Topswara.com -- Bulan Ramadhan adalah bulan yang selalu dinantikan oleh seluruh umat Muslim. Di bulan ini, umat Muslim bisa mengerjakan amalan yang pahalanya dilipatgandakan.  

Dari hadis riwayat Muslim dari Aisyah ra, "Rasulullah SAW sangat bersungguh-sungguh (beribadah) pada sepuluh hari terakhir (bulan Ramadhan), melebihi kesungguhan beribadah di selain (malam) tersebut." (HR. Muslim)

Hadis tersebut menjelaskan tentang semangat beribadah di sepuluh hari terakhir Ramadhan. Artinya, umat Muslim diminta untuk tidak kendor ibadahnya di sepuluh hari terakhir Ramadhan. 

Beberapa kebaikan yang bisa dilakukan di sepuluh hari terakhir Ramadhan, yaitu: pertama, perbanyak berzikir, berdoa, dan bersedekah.

Berzikir dan berdoa adalah salah satu ibadah yang mudah dilakukan di mana saja dan dengan bersedekah itu menjadi ungkapan syukur karena dipertemukan dengan Ramadhan. 

Kedua, melaksanakan shalat berjamaah. Shalat berjamaah adalah salah satu keutamaan di bulan Ramadhan, terutama bagi kaum laki-laki untuk shalat berjamaah di masjid. 

Ketiga, perbanyak ibadah sunah. Salah satu ibadah sunah yang mudah dilakukan adalah setelah shalat, yaitu shalat sunah qabliyah dan ba’diyah. Karena shalat sunah tersebut bisa menutupi kekurangan shalat fardhu.

Keempat, ibadah shalat malam. Memanjangkan shalat malam adalah salah satu cara menghidupkan malam-malam terakhir di bulan Ramadhan. 

Kelima, i’tikaf. I’tikaf adalah berdiam beberapa waktu di masjid untuk menjalankan ibadah dan menjauhkan pikiran dari pemikiran duniawi untuk lebih dekat dangan Allah SWT.

Keenam, mencari Lailatul Qadar. Malam Lailatul Qadar terdapat pada tanggal ganjil dari sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan. Apabila seseorang mendapatkan malam Lailatul Qadar akan mendapatkan kebaikan seribu bulan. 

Itulah beberapa kebaikan yang bisa dilakukan selama hari- hari terakhir di bulan Ramadhan. Ayo, maksimalkan ibadah di hari-hari terakhir bulan Ramadhan!


Oleh: Dzakiya Azzahra 
(Santriwati Kelas XI, Islamic Leader School Taruna Panatagama Putri, Yogyakarta)
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar