Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Hilangnya Kepemimpinan Ayah


Topswara.com -- Saat ini Indonesia tidak hanya krisis kepemimpinan negara yang akhirnya asal diusung oleh partai padahal rakyat ini membutuhkan imam bagi orang-orang yang bertakwa. Tetapi imam seperti ini tidak akan pernah lahir dari rahim demokrasi 

Indonesia juga krisis kepemimpinan ayah dalam memimpin anak-anaknya meletakkan basis akidah, yang sejatinya merupakan tanggung jawab yang agung. Basis akidah ini bila dipertanggung jawabkan oleh ayah dengan serius dan sungguh-sungguh akan lahir generasi cahaya mata dan imam bagi orang-orang bertakwa, kelak krisis kepemimpinan ini tidak lagi menjadi persoalan di sebuah negara. 

Berhembusnya ide kesetaraan gender yang menggugat kepemimpinan ayah dalam rumah tangga semakin menambah deretan persoalan dunia pendidikan. Anak tidak lagi mendapatkan sosok kepemimpinan yang harus ditiru karena ayah sudah merasa insecure di hadapan ibu, para istri pejuang gender ini merasa sudah mandiri tanpa kepemimpinan suami. 

Kuatnya kepemimpinan ayah dalam pendidikan anak sangat menentukan terealisasinya proses belajar anak. Apalagi di fase anak prabaligh, ayah adalah sosok yang sangat dibanggakan oleh anak dalam segala hal. Kepribadian Islam anak sangat memungkinkan untuk dibentuk dan dijaga oleh ayah. Sebab ayah adalah pemimpin bagi keluarganya dan bertanggung jawab terhadap terjaganya kepribadian Islam keluarga. 

Ayah adalah polisi umum dan kepemimpinan umum dalam keluarga, maka ayah adalah orang yang paling pertama memahami konsep pendidikan, berikut strategi, materi yang hendak disampaikan seluruh ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan di rumah. 

Dan ayah adalah sosok penting bagi keselamatan keluarga dari tergelincirnya mereka dari api neraka. Allah berfirman : “ Jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka.....” (al-ayah ). Demikianlah ayah memimpin. 

Ayah adalah kunci dari kesuksesan sebuah tim dalam rumah tangga. Kepiawaian ayah dalam memimpin ibu akan berbuah sakinah dan berjalannya fungsi-fungsi keluarga demi meraih ridha Allah SWT. Hari ini banyak ayah yang teralihkan dari qawwamah-nya sebab ayah hanya tertumpu pada nafkah dan kesibukan bekerja dan melupakan fungsi pendidikan dan ketaatan keluarga. Maka seringkali ibu merasa sendirian dalam menyelesaikan masalah-masalah keluarga dan pendidikan anak-anak. 

Tentang qawwamah ayah ni sudah diabadikan oleh Allah SWT dalam surat Annisa ayat : 34 

اَلرِّجَالُ قَوَّامُوۡنَ عَلَى النِّسَآءِ بِمَا فَضَّلَ اللّٰهُ بَعۡضَهُمۡ عَلٰى بَعۡضٍ وَّبِمَاۤ اَنۡفَقُوۡا مِنۡ اَمۡوَالِهِمۡ ؕ فَالصّٰلِحٰتُ قٰنِتٰتٌ حٰفِظٰتٌ لِّلۡغَيۡبِ بِمَا حَفِظَ اللّٰهُ ؕ وَالّٰتِىۡ تَخَافُوۡنَ نُشُوۡزَهُنَّ فَعِظُوۡهُنَّ وَاهۡجُرُوۡهُنَّ فِى الۡمَضَاجِعِ وَاضۡرِبُوۡهُنَّ ۚ فَاِنۡ اَطَعۡنَكُمۡ فَلَا تَبۡغُوۡا عَلَيۡهِنَّ سَبِيۡلًا ؕاِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلِيًّا كَبِيۡرًا‏ 

Laki-laki (suami) itu pelindung bagi perempuan (istri), karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (perempuan), dan karena mereka (laki-laki) telah memberikan nafkah dari hartanya. Maka perempuan-perempuan yang shalih adalah mereka yang taat (kepada Allah) dan menjaga diri ketika (suaminya) tidak ada, karena Allah telah menjaga (mereka). 

Perempuan-perempuan yang kamu khawatirkan akan nusyuz, hendaklah kamu beri nasihat kepada mereka, tinggalkanlah mereka di tempat tidur (pisah ranjang), dan (kalau perlu) pukullah mereka. Tetapi jika mereka menaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari alasan untuk menyusahkannya. Sungguh, Allah Mahatinggi, Mahabesar. 

Abu Ja’far At-Tabari menjelaskan Qawwâmah yang di maksud dalam QS An-Nisa’ Ayat 34 adalah seorang laki-laki yang memimpin dan mendidik terhadap perempuan, dan memberikan sangsi bila melanggar, dengan sebab Allah telah mengutamakan dirinya dari pada yang lain, dan mereka telah berkewajiban membiayai, oleh sebab itu laki-laki menjadi pemimpin baginya. 

Dan seorang perempuan wajib mentaati apa yang di perintah oleh suami, bila seorang istri melanggar perintahnya maka seorang suami boleh memukulnya dengan yang tidak membahayakan sebagai pelajaran baginya. 

Kepemimpinan itu merupakan tanggung jawab dan kepengurusan terhadap apa yang dipimpinnya. Maka ada dua hal yang disoroti dalam ayat di atas terkait qawwamah ayah : 

Pertama, memberikan nafkah
Kewajiban nafkah berikut segala yang terkait dengannya terpenuhinya sandang, pangan dan papan bagi keluarga. Pakaian yang memadai untuk menjalankan syariah tertutupinya aurat ibu dan anak-anak perempuan. 

Terjaga dari cuaca dingin dan panas karena tersedianya tempat tinggal yang nyama. Juga terpenuhinya makanan yang hala dan thoyyib agar keluarga terjaga kesehatan dan dapatmelakukan aktifitas sehari-hari dengan baik. 

Kedua, kewajiban mendidik
Rijal berkewajiban untuk mendidik isterinya agar senantiasa taat kepada dirinya atas kepemimpinannya dalam rumah tangga yang ia pertanggung jawabkan di hadapan Allah. Tidak membiarkan ibu dalam kemaksiatan dan merusak relasi suami isteri yang mengancam sakinah. 

Jika ibu tidak taat maka ayah memliki wewenang dalam ta’dib dalam mengembalikan ibu pada ketaatan dengan urutan ta’dib; menasehati, jika belum taat juga maka memisahkan ranjang, jika belum taat juga dengan memukulnya.

Atas dua qawwaah di atas, ibu berkewajiban untuk taat sepenuhnya pada ayah karena ayah diberi kelebihan oleh Allah dalam wilayah tersebut. Para ulama tafsir ketika memaknai kata قوامون di antaranya adalah sebagai berikut: 

Pertama, dia yang mengurusi.
Kedua, dia yang menangani segala urusan dan kebutuhan.
Ketiga, dia yang menjaganya.
Keempat, dia yang mendidik. 

Qawwamah ini menuntut ayah memiliki visi, tsaqafah islam, penguasaan strategi dan skill serta manajement kepemimpinan, karena dalam nafkah dan mendidik membutuhkan itu semua. Agar ayah memiliki kemampuan untuk mengurusi dan mencari solusi-solusi di setiap persoalan dalam Rumah tangga. 

Kepiawaian qawwamah ayah mengaharuskan ayah memiliki perencanaan yang matang, lalu mengorganisirnya dengan baik agar aspek nafkah dan aspek mendidik berjalan sebagaimana mestinya dan ibu tidak harus nusyuz. 

Berikutnya mengharuskan ayah beraksi nyata terhadapa apa yang sudah direncanakan dengan sungguh-sungguh dan serius. Dan tidak kalah penting adalah mengntrol jalannya qawwamah ayah pada ibu. 

Dengan kepiawaian ayah dalam qawwamah, mengharuskan dia untuk ditaati segala perintah-perintahya dan larangannya. Dengan demikian menjadi mudah bagi ibu dalam mendidik anak-anaknya menjadi qurrata a’yun dan imamulmuttaqien. Wallaahu a’lam 


Oleh: Ustazah Yanti Tanjung 
Pemerhati Keluarga dan Generasi 


Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar