Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Terapi Bekam Sunah untuk Kolesterol


Topswara.com -- Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol (waxy steroid) yang terdapat dalam aliran darah atau di dalam sel yang tidak larut dalam darah. Ekskresi utama kolesterol dari dalam tubuh melalui sekresi garam empedu ke dalam usus sewaktu mencerna lemak dan sekitar lima persen garam empedu akan dikeluarkan melalui feces. 

Gejala yang ditemukan pada klien yang mempunyai kadar kolesterol biasanya mudah mengantuk, sering menguap, kesemutan, pegal pada tengkuk atau pundak, rasa nyeri di kaki, kram dan lainnya.

Penyebab kolesterol karena mengonsumsi makanan tinggi kolesterol dan lemak jenuh, seperti gorengan, susu full cream, kulit ayam, jeroan sapi kambing, mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan, dan jarang berolah raga atau melakukan aktivitas fisik serta stres yang berkepanjangan.

Bekam merupakan salah satu praktek kedokteran Islam (Thibbun Nabawi). Rasulullah SAW sebagaimana terdapat dalam hadis shahih Al Bukhari dari Said Ibnu Jabir dari Ibnu Abbas dari Nabi SAW, bahwa beliau bersabda: “Kesembuhan itu ada 3 (tiga) hal, yaitu dalam pisau hijamah, meminumkan madu, dan pengobatan dengan besi panas, dan aku melarang umatku melakukan pengobatan dengan besi panas.”

Hijamah (bekam basah) dengan mengeluarkan darah atau pelepasan darah kotor dengan menggunakan alat yang praktis dan efektif serta tanpa efek samping mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Bekam basah  adalah suatu proses membuang CPS (Causative Pathological Substances)/ substansi patologis penyebab penyakit/toksin dari dalam tubuh melalui permukaan kulit. Kulit adalah organ yang terluas pada tubuh manusia oleh karenanya banyak toksik atau racun yang berkumpul di kulit.

Titik bekam sunah berdasarkan pengalaman yang sudah dipraktikkan untuk klien kolesterol adalah al kahil dan al katifain mampu menurunkan kolesterol sehingga klien menjadi sehat kembali.


Oleh: Syam Purwaningsih, AMd.Akup., S.Pt.
(Owner Rumah Bekam dan Akupunktur Muslimah) 
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar