Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Hijrah Adalah Kunci dari Segala Kebaikan

Topswara.com -- Dai Milenial, Ustaz Hanan Attaki menuturkan, hijrah adalah kunci dari segala kebaikan dalam hidup kita. 

"Hijrah adalah kunci dari segala kebaikan dalam hidup kita. Karena hijrah adalah sebuah transisi dari keadaan dakwah Nabi di Mekah yang tertindas, dihina, dan dimusuhi. Kemudian mendapatkan kemenangan-kemenangan di Madinah," ujarnya dalam acara Tabligh Akbar - Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H, di kanal YouTube Majelis gaul, Jumat (29/7/2022).

Maka menurutnya, hijrah adalah sebuah inisiatif transisi dalam perjalanan dakwah nabi pada fase makiyah kepada fase madaniyah.

"Jika kita belajar tafsir, maka kita akan menemukan, Al-Qur'an terbagi kepada dua. Ada ayat yang dinamakan dengan istilah ayat-ayat makiyah dan ayat-ayat madaniyah," terangnya.

Kemudian ia menerangkan definisi makiyah dan madaniyah yang sesungguhnya. 

Ia mengatakan, banyak orang Indonesia mendefinisikan bahwa ayat makiyah adalah ayat yang diturunkan di Mekah. Lalu ayat madaniyah adalah ayat yang turun di Madinah.

"itu keliru, namun ternyata yang membedakan ayat-ayat makiyah dan madaniyah bukanlah tempatnya tetapi peristiwanya. Ayat-ayat makiyah adalah ayat-ayat yang diturunkan sebelum hijrah dan ayat-ayat madaniyah adalah ayat-ayat yang diturunkan setelah hijrah. 

Menurutnya, hijrah sesuatu yang sangat istimewa dalam Islam. Sampai membedakan gaya bahasa Al-Qur'an dan konten substansi Al-Qur'an antara sebelum dan setelah hijrah. Turun ayat-ayat setelah hijrah, turun perintah dan larangan Allah setelah hijrah, sebelumnya (fase makiyah) berupa fondasi-fondasi keimanan yang disebut dengan ayat-ayat tauhid dan akidah.

"Maka para ulama mengatakan hijrah itu awal dari segala kebaikan hidup bagi setiap orang yang beriman. Itulah pentingnya hijrah," tutupnya. [] Lanhy Hafa
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar