Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Mamah Dedeh: Orang Tua Wajib Menyadari Perannya


Topswara.com– Menanggapi opini di masyarakat bahwa mertua sangat galak bagi menantu perempuan, Ustazah Kondang Mamah Dedeh mengatakan, orang tua wajib menyadari perannya.

“Orang tua wajib menyadari, saat ini peran saya sudah berubah. Yang tadinya sebagai seorang ibu berubah menjadi seorang mertua. Jangan menganggap menantu kita saingan,” tuturnya dalam acara Renungan untuk Mertua dan Menantu tentang Hubungan Baik | Rumah Mamah Dedeh di kanal YouTube religiOne, Selasa (16/11/2021).

Ia menambahkan, sebagai mertua jangan beranggapan kalau pasangan anaknya sebagai pesaing.

“Hati-hati jangan anda (orang tua) menganggap dia anak saya, yang melahirkan saya, yang menyusui saya, wajib berbakti hanya untuk saya, tidak boleh menyayangi pasangannya. Kita (orang tua) wajib menyadari ketika anak-anak kita sudah menikah baik laki-laki maupun perempuan bahwa peran penting kita sebagai seorang ibu yang tadinya sangat dibutuhkan oleh anak kita, saat ini posisi kita tergeser oleh pasangan mereka,” paparnya.

Ia menjelaskan, sebagai orang tua harus menyadari bahwa kini sudah ada orang yang disayangi, dicintai, dan diperhatikan oleh anak. 

“Jangan kita menganggap mereka (menantu) saingan. Apalagi kalau kita bilang pilih dia (pasangan) atau mamah itu sangat salah, itu pasti sangat menyakiti anak kita, menyakiti pasangan anak kita,” imbuhnya.

Ia menambahkan, seharusnya orang tua bersyukur. “Alhamdulillah ya Allah, anak saya sudah punya orang yang dia cintai, yang dia sayangi, yang dia perhatikan, dan memperhatikan anak saya, ringan terasa oleh kita. Yang kemarin sebelum pulang, kita mikir makan apa anak kita, begitu mereka memiliki pasangan diambil alih oleh menantu,” ungkapnya.

“Kalau kita menyadari bahwa saya sudah berubah peran dari seorang ibu yang sangat penting untuk anak laki-laki atau perempuan, sekarang sudah berubah, peran penting saya digeser oleh mereka (menantu) artinya kita punya waktu luang untuk beribadah,” pungkasnya. [] Alfia Purwanti
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar