Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pakar Parenting Ini Ungkap Cara Menumbuhkan Kekuatan Iman kepada Anak


Topswara.com -- Menanggapi pentingnya menanamkan kekuatan iman pada anak, Pakar Parenting Islam Ustaz Iwan Januar mengungkapkan, orang tua harus mempunyai kekuatan iman.

"Sebelum menanamkan kekuatan iman pada anak maka, orang tua dulu yang harus mempunyai kekuatan iman. Karena, bagaimana mungkin orang tua bisa menumbuhkan kekuatan iman pada anak kalau orang tuanya pun imannya tidak kuat," ungkapnya dalam acara Menanamkan Kekuatan Iman Pada Anak | Kajian Keluarga bersama Ustaz Iwan Januar, Kamis (23/09/2021) di kanal Youtube Sultan Channel.

Lebih lanjut ia menyebutkan, nasehat ulama tentang keharusan orang tua memiliki kekuatan iman untuk diberikan kepada anak.

"Ada satu nasehat ulama mengatakan, faqidusy sya’ilaa yu’tihi artinya yang tidak punya sesuatu tidak bisa memberikan sesuatu. Kalau orang tua tidak punya kekuatan iman apa yang mau diberikan kepada anak-anak," sebutnya.

Ia membeberkan, kekuatan iman itu banyak memberikan pengaruh bagi umat manusia dan anak. 

"Karena, iman itu akan memberikan banyak sekali kekuatan kepada umat manusia, termasuk kepada anak-anak," katanya.

Ia melanjutkan, apabila kurang cermatnya orang tua dalam memahami kondisi anak, bisa mengabaikan hal yang paling fundamental terhadap anak. 

"Orang tua yang tidak cermat, kurang peka, dan kurang memahami kondisi dunia anak-anak, maka bisa mengabaikan satu hal yang paling pokok dan paling fundamental, yaitu menanamkan kekuatan iman pada anak-anak," katanya. 

Ia menjelaskan, dampak masalah yang akan dihadapi oleh anak ketika orang tua abai dalam menanamkan kekuatan iman tersebut. 

"Mengabaikan penanaman kekuatan iman pada anak bisa berdampak pada setiap kali ada masalah mereka akan mengalami tekanan mental depresi yang cukup berat," tegasnya.

Menyikapi hal tersebut, ia pun menerangkan pentingnya bagi orang tua untuk menumbuhkan kekuatan iman pada anak. 

"Nah, di sinilah menjadi sangat penting bagi orang tua Muslim untuk menumbuhkan kekuatan iman. Karena, kekuatan iman itu tidak akan tumbuh seketika kalau imannya itu masih mengalami kegoncangan, tidak akan tumbuh kekuatan iman yang mantap dalam kehidupan anak-anak," jelasnya. 

Lebih lanjut, ia menjelaskan beberapa hal untuk menumbuhkan kekuatan iman pada anak. 

"Nah kalau orang tua sudah kuat imannya bisa menumbuhkan kekuatan iman itu kepada anak-anaknya dengan beberapa hal," ucapnya. 

Pertama, mendorong mereka menghayati dan mengimani Asmaul Husna. 

"Kita harus mendorong mereka menghayati dan mengimani Asmaul Husna, artinya orang tua pun harus menghayatinya, sehingga bisa ditularkan pada anak,"

Kedua, menceritakan kisah para Nabi dan Rasul. 

"Kita perkokoh imannya itu dengan menceritakan kisah para Nabi dan Rasul, para sahabat, alim ulama agar mereka senantiasa dalam suasana iman,"

Ketiga, menanamkan kepada anak-anak tentang kebahagiaan hakiki. 

"Sebagai orang tua Muslim, kita sampaikan pada anak-anak bahwa kehidupan dan kebahagiaan hakiki adalah nanti di jannah-Nya. Maka yang harus dicari adalah keridhaan Allah bukan kesuksesan dunia," pungkasnya.[] Najwa Alifah
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar