Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Tiga Sebutan Istri dalam Al-Qur’an


Topswara.com -- Mubaligah Kota Bogor Ustazah Fera Kusmerlin menjelaskan tiga sebutan istri dalam Al-Qur’an.

“Tiga sebutan istri dalam Al-Qur’an, istri dipanggil dengan imra’ah, zauj, dan shahibah,”  beber Ustazah Fera di kanal YouTube Sultan Channel, dalam acara Fiqih Muslimah ID, Kamis, (23/09/2021). 

Ia menerangkan, di dalam Al-Qur’an, imra’ah disebut sebanyak 26 kali, zauj sebanyak 81 kali dan shahibah 4 kali.

“Yang satu di sebut imra’ah, yang satu dipangil zauj, yang satu dipanggil shahibah, di sisi mana perbedaannya,” ujarnya

Menurutnya, ketika Allah menyebut imra’ah, secara fisik laki-laki dan perempuan yang disatukan Allah dalam pernikahan, tetapi tidak ada kesepahaman pemikiran.

“Seperti Nabi Luth dan istrinya, seorang nabi yang shalih, taat, tetapi istri Nabi Luth sebagai pembangkang,” iImbuhnya.

Ia menjelaskan kembali, ketika Allah menyebut zauj, pasangan suami istri yang disatukan Allah secara fisik dan disatukan juga secara pemikiran.

“Pasangan yang melangkah dalam satu keimanan dalam kehidupan ini, menjadi suami istri yang shalih, mendidik anak yang shalihah, berjuang untuk Islam,” ujarnya.

Kembali ia menerangkan, ketika Allah menyebut shahibah maknanya, suami istri yang terpisah secara lahiriah dan batiniah sampai hari kiamat nanti. 

“Ketika wanita menjadi seorang istri, ternyata Allah telah melekatkan sebutan istri di dalam Al-Qur’an,” pungkasnya.[] Riana
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar