Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Aktivis Islam Inggris Ungkap Hijrah Rasullullah Menjadi Pembeda Era Kekuasaan Islam


Topswara.com-- Aktivis Islam Inggris, Mazhar Khan, mengungkap proses hijrah Rasulullah menjadi pembeda era kekuasaan Islam.
 
"Peristiwa hijrahnya Rasulullah SAW adalah bagian yang sangat signifikan dari shirah, sebab menjadi pembeda antara era kekuasaan Islam dengan era tanpa kekuasaan Islam," bebernya dalam acara bertajuk Did The Prophet SAW Need to Hide? di kanal YouTube Mazhar Khan, Senin (09/08/2021).

Menurutnya, hijrah adalah pemisah antara fase Makkah dan Madinah. "Rasulullah SAW hijrah ke Madinah bersembunyi dari orang Quraisy dan menutupi identitasnya selama perjalanan menuju Madinah," imbuhnya.

Namun saat ini, ia mengatakan ada aspek yang telah umumnya dilupakan. Sehingga ada yang menyatakan bahwa
Nabi Muhammad SAW mendapatkan langsung perlindungan dari Allah saat melakukan hijrah.

"Meskipun demikian, Rasulullah SAW juga membuat rencana yang rinci dan teliti sebelum hijrah ke Madinah," bebernya.

Ia mengatakan bahwa rencana rinci dan teliti yang dilakukan Rasulullah SAW ditemani oleh sahabat Abu Bakar ra. 

"Rasulullah SAW menyusun rencana yang teliti dan rinci bersama Abu Bakar ra saat akan hijrah ke Madinah. Rencana tersebut dimulai dengan menemui Abu Bakar secara rahasia tanpa ada yang mengetahui. Kemudian Rasulullah SAW dan Abu Bakar meminta Ali ra menggantikan Rasulullah SAW tidur di tempat tidurnya," katanya.

Lebih lanjut ia mengungkap, bersembunyi di gua selama tiga hari dan meminta putra Abu Bakar ra sebagai penyuplai makanan dan mengantarkannya.

"Menjadikan putri Abu Bakar sebagai informan penting. Mereka berencana pergi dengan menunggangi unta selama dalam perjalanan. Serta mengambil rute yang tidak biasa, juga tidak membuka identitas Nabi SAW selama perjalanan," bebernya. 

Meskipun demikian, Mazhar mengatakan bahwa Rasulullah SAW tetap berada dalam lindungan Allah SWT. Terbukti saat dalam perjalanan, Suraqah bin Malik mengetahui mereka dan berusaha untuk menangkapnya. 

"Suraqah menyaksikan langsung adanya perlindungan terhadap Rasulullah SAW sehingga Suraqah justru menawarkan bantuan perlindungan kepada Rasulullah SAW dan Abu Bakar ra," katanya.

Menurut Mazhar, itu Rasulullah SAW sendiri mengetahui bahwa Allah SWT memberikan perlindungan langsung kepada dirinya. Rasulullah SAW itu dari waktu ke waktu selalu dilindungi oleh Allah SWT. 

"Sebenarnya tidak butuh rencana yang teliti dan rinci seperti itu. Tetapi, semua yang dilakukan oleh Rasulullah SAW tersebut adalah petunjuk bagi umat Islam, bahwa perbuatan Rasulullah adalah sunah," tuturnya.

Dan saat berada pada yang sama ia katakan, seperti Rasullullah SAW alami, umat Islam butuh contoh yang diikuti apa yang seharusnya dilakukan.
Umat Islam butuh perlindungan diri, perlindungan dakwah dari musuh yang terus ingin menghentikannya agar kekuasaan Islam tidak tegak lagi.

"Jadi, ini adalah pelajaran bahwa kita harus mengikuti dan mengambil dengan sungguh-sungguh seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW," tandasnya.[] M.Siregar
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar