Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UIJ Beberkan Kenalkan Halal Haram kepada Anak


Topswara.com -- Pakar Parenting, Ustaz Iwan Januar menjelaskan, bagaimana cara mengenalkan prinsip halal dan haram pada anak.

“Yang pertama bahwa menanamkan  prinsip-prinsip halal-haram ini harus dibangun dengan keimanan sehingga kemudian akan melekat kuat di dalam  pemahaman dalam akal dan hati anak-anak kita tentang prinsip halal dan haram,” ujarnya dalam Kajian Parenting Islam: Mengenalkan Anak pada Halal dan Haram di kanal YouTube Ngaji Subuh, Ahad (18/7/2021).

Ustaz Iwan sapaan akrabnya menjelaskan prinsip yang kedua, orang tua harus taat pada prinsip halal dan haram.

“Prinsip yang juga tidak kalah penting di dalam mengenalkan halal-haram pada anak-anak kita itu adalah bahwa orang tua yang mesti paling awal meyakini dan menaati prinsip halal-haram. Maka para ayah terutama jangan sekali-kali mencari nafkah di jalan yang haram, jangan sekali-kali. Karena itu akan berdampak kepada konsep dan proses pendidikan yang  belangsung pada anak-anak kita,“ imbuhnya.

Ia menambahkan, prinsip yang ketiga adalah mendisiplinkan anak.

“Dalam mengenalkan prinsip halal-haram pada anak ini, maka orang tua  harus berusaha mendisiplinkan anak untuk senantiasa berlaku dan hanya mengambil harta yang halal, makanan yang halal. Jadikanlah ini sebagai prinsip dan kebiasaan di dalam keseharian kita dalam rumah tangga," jelasnya.

Ustaz Iwan menegaskan, orang tua harus membiasakan anak agar terbiasa tidak merampas, tidak merebut sesuatu milik orang.  “Dan yang paling mendasar, kedua orang tua memberikan contoh dalam masalah seperti itu," pungkasnya. [] Sri Purwanti
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar