Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ibadah Haji, Ustaz Yuana Ryan: Menggambarkan Pengorbanan dan Persatuan


Topswara.com-- Mudir Ma’had Darul Hadis Khadimus Sunnah Bandung, Ajengan Yuana Ryan Tresna, M.Ag. mengatakan, ibadah haji menggambarkan tentang pengorbanan dan persatuan.

“Ibadah haji itu ada banyak rangkaian aktivitas ibadah di dalamnya. Dan itu menggambarkan tentang pengorbanan, menggambarkan tentang persatuan,” tuturnya dalam acara Haji, Pengorbanan dan Persatuan Umat, Obrolan Seputar Syariat Islam (OBSESI), Sabtu (17/07/2021).

Perwujudan pengorbanan dan persatuan dalam ibadah haji tergambar dalam pertama, wujud ketaatan kepada Allah SWT. “Orang yang hendak berangkat haji itu berkali-kali latihan manasik haji agar manasiknya sesuai dengan ketentuan yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Ketaatan yang begitu luar biasa,” imbuhnya.

Kedua, dalam ibadah haji terdapat kesamaan dan kesetaraan antarumat Islam. “Semua sama, semua setara, tidak ada yang lebih unggul karena semuanya datang dengan pakaian yang kurang lebih sama. Yang membedakan di antara mereka adalah kualitas takwanya kepada Allah SWT,” terangnya.

Ketiga, terdapat simbol ukhuwah di antara jamaah haji. “Mereka tidak lagi dipisahkan dengan sekat-sekat negara bangsa, suku dan latar belakang warna kulit, perbedaan mazhab, perbedaan ormas. Semua melebur menjadi satu. Menunjukkan ada nilai ukhuwah yang sangat luar biasa, yang ditunjukkan dalam prosesi ibadah haji,” imbuhnya. 

“Persatuan itu akan menghasilkan kekuatan dan kecintaan. Jadi ukhuwah akan melahirkan persatuan. Dari persatuan akan melahirkan kekuatan dan ikatan mereka, cinta di antara sesama Muslim,” tandasnya. [] Alfia Purwanti
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar