Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Motivator Ini Ungkap Tips Pertahankan Semangat agar Tetap Prima dan Antusias dalam Hidup


Topswara.com -- Motivator Islam Coach DR. N. Faqih Syarif H., M.Si. memberikan beberapa tips untuk pertahankan semangat agar tetap prima dan antusias dalam menjalankan kehidupan.

"Ada beberapa tips yang membantu kita untuk mempertahankan semangat kita agar tetap prima agar kita tetap antusias di dalam menjalankan kehidupan ini," tuturnya dalam Kajian Malam (Kalam): Life Coach (Motivasi Hidup), Jagalah Semangat agar Tetap Prima dan Antusias, di saluran YouTube Kaffah Channel, Selasa (15/2021).

Coach Faqih menjelaskan bahwa semangat laksana api yang kadang kala menyala berkobar-kobar, redup, bahkan padam. Untuk itu, menurutnya, agar semangat tetap menyala dan terus berkobar, seseorang harus menyediakan bahan bakarnya, di antaranya:

Pertama, mengingat visi hidup dan senantiasa memvisualisasikan impian. Menurutnya, dengan keyakinan terhadap visi hidup dan impian kuat yang divisualisasikan, seseorang akan tetap bersemangat. Visualisasi yang ia maksud adalah menciptakan gambaran impian tersebut sejelas mungkin dan memukau agar terlintas di benak.

"Jadi, jadikan gambaran itu sejelas mungkin, secerah mungkin. Kemudian, tulis setiap tujuan Anda, lalu kaji ulang lalu afirmasikan. Lalu, visualisasikan setiap hari. Dan setiap hari Anda melakukan langkah-langkah kecil untuk menuju impian Anda. Jadi, lakukan langkah-langkah kecil, tapi istiqamah," ujarnya.

Kedua, sering-sering membaca buku yang bergizi dan menginspirasi. Menurutnya, jika seseorang membaca satu buku per minggu, yaitu buku-buku bergizi atau yang menginspirasi, atau sesuai dengan keahlian yang sedang ditekuni. Maka itu cukup bisa menempatkannya satu persen di atas, dalam bidang ia tekuni. "Anda akan punya kumpulan yang sama sekali tidak dimiliki orang lain. Jadi, jangan remehkan. Sering-seringlah membaca buku," pesannya.

Ketiga, menempel kata-kata penggugah semangat di tempat-tempat yang mudah terlihat, menurutnya akan bisa memberi semangat. "Anda tempel itu quotes-quotes, kata-kata penggugah semangat, gambar-gambar mengenai impian Anda di tempat yang sering Anda lihat. Jadi, misalnya, di dinding kamar tidur, di tempat kerja Anda, buatlah di seluruh ruangan di tempat Anda itu seakan-akan bisa berkomunikasi dengan Anda dan menyemangati Anda," ujarnya.

Keempat, menemukan manfaat sebanyak-banyaknya dari suatu perbuatan. Menurutnya, hal itu akan membuat seseorang menemukan semangat yang luar biasa. "Jadi, sudah menjadi fitrah manusia bahwa manusia itu akan bersemangat melakukan sesuatu bila ia merasakan ada manfaat besar bagi kita," ungkapnya.

Kelima, memikirkan dampak negatif bila tidak melakukan sesuatu. Menurutnya, dengan membayangkan bahaya dan dampak menyakitkan yang luar biasa dalam kehidupan jika seseorang tidak melakukan sesuatu, akan mendorongnya untuk bangkit dan melakukan perubahan. "Ini berarti ciptakan the power of kepepet. Jadi, kalau saya tidak melakukannya, saya tidak melakukan perbuatan, maka bahayanya ...," imbuhnya.

Keenam, untuk mempertahankan semangat menurut Coach Faqih, yaitu jangan sering melakukan perbuatan yang mendesak akibat sering suka menunda-nunda. Menurutnya, hal itu akan menyebabkan seseorang stres dan merasa tertekan.

"Bahayanya, kalau anda suka menunda-nunda, maka anda akan merasa stres. Anda akan merasa tertekan. Anda akan merasa kuwalahan karena merasa dikejar-kejar," tutupnya.[] Saptaningtyas
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar