Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Begini Penjelasan UFS Mengenai Tugas Laki-Laki sebagai Qawwam

Topswara.com -- Dai Muda dan Inspirator Hijrah Nasional Ustaz Felix Siauw (UFS) menyatakan bahwa tugas laki-laki itu cuma ada tiga, tetapi cabangnya banyak. 

"Di dalam Islam sangat banyak nasihat bagi seorang suami. Tapi yang paling paten adalah saya jelaskan dalam surat an-nisa itu disampaikan bahwasanya ٱلرِّجَالُ قَوَّٰمُونَ عَلَى ٱلنِّسَآءِ بِمَا فَضَّلَ ٱللَّهُ بَعْضَهُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ وَبِمَآ أَنفَقُوا۟ مِنْ أَمْوَٰلِهِمْ ۚ ; tugas laki-laki (sebagai qawwam) itu cuma ada tiga, tapi cabangnya banyak," ujarnya dalam Channel YouTube Felix Siauw: Nasihat untuk Seorang Suami, Ahad (7/4/2024). 

Pertama, ٱلرِّجَالُ قَوَّٰمُونَ عَلَى ٱلنِّسَآءِ. Laki-laki tercipta untuk menjadi qawwam bagi perempuan. Ia menjelaskan bahwa qawwam artinya pilar. Karena qawwam berasal dari qiyam, artinya berdiri. 

Ibarat tiang, kata Felix bahwa tiang itu harus selalu berdiri. Kalau pilar sebuah ruangan rebah sebaiknya jangan masuk ke dalam  karena pasti hancur nantinya. Qawwam itu ibarat pilar di dalam rumah tangga. Artinya, kalau rumah punya pilar, itulah laki-laki. Dia harus senantiasa berdiri. Artinya, laki-laki itu di dalam Islam diperlukan tidak boleh merasa capek. 

"Makannya saya selalu bilang sama anak-anak saya yang laki-laki, menjadi laki-laki itu sejenis kutukan sebenarnya, kenapa? Karena dia harus siap untuk lebih banyak, untuk lebih kuat, lebih sabar, dan seterusnya. Contohnya, ada laki-laki dan perempuan di dalam satu bis, masuklah nenek sudah tua pake tongkat. Yang harus berdiri siapa? Laki-laki bilang, kenapa harus gue. Gue kan juga capek? Ya karena lu kan laki-laki harus mengalah duluan," jelasnya. 

UFS menegaskan bahwa sebagi seorang laki-laki memang harus mengalah duluan. Ia mencontohkan, anak laki-laki dan anak perempuan terus terjadi rumah berantakan, yang disalahkan mestilah laki-laki. Laki-laki selalu dituntut lebih, dalam satu hal, dan perempuan dilebihkan dalam perkara yang lain. Tetapi khusus qawwam itu adalah laki-laki. Maka qawwam bisa diartikan sebagai supporter untuk mensupport istrinya. 

"Support itu dalam bidang apa? Mental apa fisik? Mental. Perempuan itu lebih perlu support mental daripada fisik. Itulah kenapa walaupun Anda miskin tetap ada yang mau menikahi Anda. Jelas ya. Tapi kalau mereka udah tahu Anda jahat dari awal, enggak mau dinikahin. Karena perempuan itu lebih perlu mental. Artinya seorang laki-laki yang terbatas secara fisik atau tidak bisa kasih uang yang terlalu banyak, tapi bisa memberikan kenyamanan dan keamanan itu yang diutamakan perempuan," paparnya. 

UFS menjelaskan, perempuan ketika di survei apa yang dicari dari seorang laki-laki mereka selalu mengatakan kenyamanan dan perlindungan. Artinya, itulah yang harus dilakukan oleh qawwam atau tiang, memberikan kenyamanan dan memberikan perlindungan. 

Kedua, qawwam bisa berarti sebuah benteng yang melindungi perempuan. Artinya, bisa melindungi dari kejahatan istrinya atau kejahatan orang lain. Berarti dia melindungi istri dari menyakiti orang atau orang lain menyakiti istri. 

Ketiga, qawwam berati pemimpin. Disitulah pentingnya kalau shalat tarawih memimpin shalat sekali-kali di rumah. Biar kualitas qawwamnya kelihatan. Karena laki-laki kalau kualitas qawwamnya tidak kelihatan, ibunya yang mau jadi pemimpin. 

"Karena itulah, suaminya jadinya di bawah dalam hal mengambil keputusan dan sebagainya. Ya salah kita juga sih kenapa kita enggak menunjukkan kualitas qawwam. Salah satu penunjukan kualitas qawwam adalah dengan menjadi imam," pungkasnya.[] Munamah
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar