Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ustaz Khalid Basalamah: Halal dan Haram Dilihat dari Sudut Pandang Allah


Topswara.com -- Pendakwah Ustaz Dr. Khalid Basalamah, M.A. membeberkan tentang apa-apa yang dihalalkan dan diharamkan Allah SWT.

"Yang Allah halalkan lebih banyak daripada yang Allah haramkan, sementara yang haram buruk buat kita makanannya, minumannya, pakaiannya, pendapatannya pasti buruk dan juga itemnya sedikit," ungkapnya di Kajian Reminder: Indahnya Menjadi Orang Shalih dan Shalihah di kanal YouTube, Rabu, (19/04/2023).

Basalamah menyatakan, kalau kita ingin menjadi orang shalih perlu merenungi beberapa hal, salah satunya yaitu Allah menciptakan kita dan Dia telah menentukan segala sesuatu yang kita butuhkan, semua itu pasti baik buat kita.

"Misal apa pun yang Allah halalkan pasti baik buat kita sementara yang haram pasti buruk buat kita juga," ungkapnya.

Sebagai contoh pada saat Allah mengharamkan khamr atau minuman keras, Allah membuat tenggorokan kita merasakan dahaga dan Allah tahu kita butuh minum. Allah pun menggantikan minuman yang halal berupa susu, madu, sirup, air putih. Begitu juga ketika Allah mengharamkan babi, Allah pun gantikan dengan sapi, kambing, ayam, ikan, dan lain-lain.

Tidak cukup hanya dalam bab makanan dan minuman, dalam hubungan manusia dengan manusia yang lain pun Ustaz Basalamah mengungkapkan bahwa pada saat Allah larang kita bergaul bebas dan memberikan kita syahwat, Allah ganti zina yang memang dilampiaskan tanpa mengikuti hukum Allah dengan menikah dan Allah mudahkan dengan semudah-mudahnya.

Dalam Al-Qur’an banyak dalil-dalil yang membuktikan tentang perbedaan orang yang bertakwa, orang shalih dan shalihah serta orang yang fajir dan fasik.

"Allah akan siapkan fasilitas yang sangat berbeda bagi dunia maupun akhirat, dan kita luruskan persepsi sebagian orang yang mengatakan kalau saya dekat dengan agama, memakai jilbab, berjenggot, shalat di masjid, dan mengambil jurusan agama sewaktu sekolah atau di pesantren, maka mungkin saya sulit dapat pekerjaan, hidup saya susah, ini semua persepsi yang tidak benar," tutupnya. [] Atikah Nur
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar