Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Keluarga Muslim Harus Ngaji Islam


Topswara.com -- Pagi itu, tampak emak-emak dan gadis remajanya berjalan beriringan memasuki pintu pagar gedung bertingkat. 

Emak-emak memasuki ruangan pendaftaran peserta di lantai 1, sedangkan gadis remajanya harus olahraga dikit menaiki tangga ke lantai 2. 

Keren, kajian kali ini bisa bersamaan di seluruh wilayah Indonesia satu waktu dan tema yang sama. Khusus Kota Kediri tempat dan tidak lupa menu utamanya antara emak dan gadis remajanya sama juga, asyik nih. Mudah-mudahan ke depannya bisa ngaji with family.

Tema yang diusung ngaji dan halal bihalal kali ini adalah Indonesia berkah dengan Islam Kaffah. 

Ied mubarak ini disyariatkan kita untuk menampakkan kegembiraan, kebahagiaan karena telah menyelesaikan ibadah puasanya serta berharap untuk mendapatkan pahala dan rahmat-Nya. 

Diharapkan setelah menjalankan ibadah puasa selama Ramadhan ini umat Islam menjadi pribadi yang semakin bertakwa yaitu apapun yang diperintahkan dikerjakan, sebaliknya apapun yang dilarang ditinggalkan dan dijauhi sesuai syariah secara keseluruhan.

Sebagaimana firman Allah QS. Al-Baqarah ayat 208:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوا ادۡخُلُوۡا فِى السِّلۡمِ کَآفَّةً ۖ وَلَا تَتَّبِعُوۡا خُطُوٰتِ الشَّيۡطٰنِ‌ؕ اِنَّهٗ لَـکُمۡ عَدُوٌّ مُّبِيۡنٌ

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! Masuklah ke dalam Islam secara keseluruhan, dan janganlah kamu ikuti langkah-langkah setan. Sungguh, ia musuh yang nyata bagimu."

Ketaatan secara kaffah atau menyeluruh adalah ketaatan terhadap syariat tanpa terkecuali. Jika hanya mau mengerjakan sebagian dan meninggalkan sebagian lainnya , bahkan menolak dan memusuhinya, jelas belum kategori kaffah.

Misalnya: yang remaja sudah menjalankan shalat dan puasa, eh ternyata masih ikhtilat apalagi pacaran. Emak-emaknya sudah berhaji dan berhijab, tetapi masih tergiur riba. Wah-wah ini masih belum kaffah guys

Kaffah itu ambil semua, jangan pilih-pilih. Bagaimana kita bisa ambil semuanya? Harus dengan tholabul ilmi, harus ada guru yang bisa menjelaskan, yang bisa ditanyai dan bisa menjawab. Karena syarat melakukan amal harus benar dan ikhlas, tanpa guru mana kita tahu yang benar apa salah. Jangan thalabul ilmi hanya dengan YouTube atau mbah google ya guys, kurang berkahnya.

Berkah adalah ziyadatul khair (bertambahnya kebaikan). Jika keberkahan dengan melakukan perintah dan larangan sesuai syariat maka keberkahan itu akan kita dapat tidak hanya di dunia, tetapi juga di akhirat.

Indonesia akan berkah dengan terapkan Islam kaffah. Demikian juga kemulian Islam dan kaum muslimin akan terwujud, ketika umat mengambil ideologi Islam sebagai asas, menjadikan umat paham akan Islam dan mengamalkannya dalam penjagaan negara.

Yuk, girls dan emak-emak hebat, bersama-sama kita mengkaji Islam kaffah dan tsaqafah Izzah, lalu kita dakwahkan ditengah-tengah masyarakat bersama jamaah dakwah Islam ideologis.


Oleh: Yesi Wahyu I.
Aktivis Muslimah
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar