Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Cinta Rasulullah kepada Putrinya Fatimah


Topswara.com -- Fatimah adalah putri bungsu kesayangan Rasulullah ﷺ. Banyak sekali kalimat dan sikap dari sang Nabi ﷺ yang menjadi ungkapan cinta kepada putrinya ini, diantaranya adalah :

Pertama, 𝗥𝗮𝘀𝘂𝗹𝘂𝗹𝗹𝗮𝗵 𝘀𝗲𝗹𝗮𝗹𝘂 𝗺𝗲𝗻𝘆𝗮𝗺𝗯𝘂𝘁 𝗸𝗲𝗱𝗮𝘁𝗮𝗻𝗴𝗮𝗻𝗻𝘆𝗮

Ummul mukminin Aisyah berkata :

مَا رَأَيْتُ أَحَدًا كَانَ أَشْبَهَ كَلَامًا وَحَدِيثًا بِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ فَاطِمَةَ، ‌وَكَانَتْ ‌إِذَا ‌دَخَلَتْ ‌عَلَيْهِ ‌قَامَ ‌إِلَيْهَا ‌فَقَبَّلَهَا وَرَحَّبَ بِهَا وَأَخَذَ بِيَدِهَا فَأَجْلَسَهَا فِي مَجْلِسِهِ

“Aku tidak pernah melihat seorang pun yang kalimatnya dan cara bicaranya lebih mirip dengan Rasulullah ﷺ seperti halnya Fatimah. Jika dia datang kepada Nabi ﷺ, maka beliau akan berdiri menyambutnya, mencium dan memeluknya. Lalu Nabi ﷺ memegang tangannya dan mendudukkannya di sampingnya.”(HR. Ibnu Hibban)

Kedua, m𝗲𝗺𝗯𝗲𝗿𝗶𝗸𝗮𝗻𝗻𝘆𝗮 𝗸𝗵𝗮𝗯𝗮𝗿 𝗴𝗲𝗺𝗯𝗶𝗿𝗮

Ketika Rasulullah ﷺ sakit yang mengantarkan kepada kewafatannya, beliau berbisik kepada Fatimah : 

إِني مَقْبُوْضٌ فِي مَرَضِي هَذَا

“Aku akan diwafatkan di sakit kali ini.” (HR. Abu Daud) 

Mendengar itu Fatimah radhiyallahu’anha menangis, lalu Rasulullah ﷺ berbisik lagi kepadanya kedua kali dengan mengatakan bahwa dia akan menjadi keluarga yang pertama kali menyusul Nabi dan akan menjadi penghulu wanita ahli syurga, maka Fatimah pun tertawa. 

Dalam riwayat lain :

نزل ملك من السَّمَاء فَاسْتَأْذن الله تَعَالَى أَن يسلم عَليّ ‌فبشرني ‌أَن ‌فَاطِمَة ‌سيدة ‌نسَاء ‌أهل ‌الْجنَّة

“Telah turun malaikat dari langit, dan Allah mengizinkan dia untuk mengucapkan salam kepadaku dan menyampaikan khabar gembira bahwasanya Fatimah adalah penghulu wanita di dalam syurga.” (HR. Hakim)

Ketiga, p𝘂𝗻𝘆𝗮 𝘁𝗲𝗺𝗽𝗮𝘁 𝗸𝗵𝘂𝘀𝘂𝘀 𝗱𝗶 𝗵𝗮𝘁𝗶 𝗡𝗮𝗯𝗶 

Disebutkan dalam hadis riwayat Muslim bahwasanya Rasulullah ﷺ pernah duduk bersama istri-istri beliau, lalu datanglah Fatimah yang berjalan mirip dengan cara jalannya Rasulullah ﷺ. Maka Rasulullah bersabda :

مَرْحَبًا بِابْنَتِي
“Selamat datang wahai putriku.”
Kemudian Rasulullah ﷺ mendudukan Fatimah di samping beliau shalallahu’alaihi wassalam.

Keempat, d𝗶𝗮 𝘀𝗲𝗯𝗮𝗯 𝗰𝗶𝗻𝘁𝗮 𝗱𝗮𝗻 𝗯𝗲𝗻𝗰𝗶𝗻𝘆𝗮 𝗥𝗮𝘀𝘂𝗹𝘂𝗹𝗹𝗮𝗵

Nabi ﷺ bersabda :

فَإِنَّمَا هِيَ بَضْعَةٌ مِنِّي، يُرِيبُنِي مَا أَرَابَهَا، ‌وَيُؤْذِينِي ‌مَا ‌آذَاهَا

“Sesungguhnya Fatimah adalah bagian dari diriku. Akan menggembirakanku apa yang menggembirakannya dan juga akan menyakitiku apa yang menyakitinya.” (HR. Bukhari)

Kalimat di atas diucapkan oleh Rasulullah ﷺ ketika mendengar sayidina Ali akan menikah dengan salah satu putri Abu Jahal. Beliaupun mengingatkan sayidina Ali radhiyallahu’anhu agar tidak menyakiti perasaan putrinya. 

Rasulullah ﷺ pernah memandang Ali, Fatimah, Hasan dan Husain kemudian beliau bersabda :

أَنَا حَرْبٌ لِمَنْ حَارَبَكُم، سِلْمٌ لِمَنْ سَالَمَكُم

“Aku menyatakan permusuhan kepada siapapun yang memusuhi kalian, dan aku berdamai dengan siapapun yang berdamai dengan kalian.” (HR. Ahmad) 

Kelima, 𝗙𝗮𝘁𝗶𝗺𝗮𝗵 𝗱𝗮𝗻 𝗸𝗲𝗹𝘂𝗮𝗿𝗴𝗮𝗻𝘆𝗮 𝗮𝗱𝗮𝗹𝗮𝗵 𝗮𝗵𝗹𝗶 𝗞𝗶𝘀𝗮’ (𝘀𝗲𝗹𝗶𝗺𝘂𝘁𝗻𝘆𝗮 𝗡𝗮𝗯𝗶) 

Rasulullah ﷺ pernah memeluk dan menyelimuti dengan sebuah kain burdah putri beliau Fatimah, Ali dan dua putra mereka al Hasan dan al Husain lalu beliau berdo’a :

اللَّهُمَّ هَؤُلَاءِ أَهْلُ بَيْتِي، اللَّهُمَّ فَأَذْهِبْ عَنْهُمُ الرِّجْسَ، وَطَهِّرْهُم تَطْهِيْراً

“Ya Allah, mereka ini semua adalah ahli baitku. Ya Allah jauhkan mereka dari kekotoran. Dan sucikan mereka dengan sesuci-sucinya.” (HR. Hakim)

Wallahu a'lam.


Oleh: K.H. Ahmad Syahrin Thoriq
Pengasuh Pondok Pesantren Subulana Kota Bontang, Kalimantan Timur
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar