Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Menyemai Pahala di Malam Lailatul Qadar


Topswara.com -- Siapa yang tidak tahu malam Lailatul Qadar? Malam yang ditunggu-tunggu oleh banyak pemburu pahala di bulan Ramadhan, karena disebutkan  dalam hadis dan Al-Qur'an yaitu malam dengan banyak kemuliaan hingga dijuluki malam yang lebih baik dari seribu bulan.

"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam kemuliaan (Lailatul Qadar). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar." (QS. Al-Qadr: 1-5)

Wow! Don't you excited? Pastinya iya. Apalagi setelah tau detail apa saja yang Allah SWT taruh sebagai bumbu keistimewaan pada malam Lailatul Qadar. Di dalam hadis-hadis, banyak dijelaskan bahwa dengan datangnya malam Lailatul Qadar ini, umat Muslim harus lebih  bersemangat lagi. 

"Rasulullah SAW sangat bersungguh-sungguh pada 10 hari terakhir dari bulan Ramadhan, melebihi kesungguhan beliau di waktu lainnya." (HR. Muslim)

Nah, karena Allah telah mengistimewakan malam Lailatul Qadar, maka sebaiknya kita pun ikut mengistimewakannya. Ayo berlomba-lomba dalam beramal dan bikin malam Lailatul Qadar berbeda dari malam-malam di bulan Ramadhan lainnya dengan cara berikut ini.

Pertama, i'tikaf (berdiam diri) di masjid. Kedua, menambah rakaat pada shalat-shalat malam. Ketiga, bersedekah. Keempat, memperbanyak membaca ayat-ayat Al-Qur'an. Kelima, membaca 'Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa' fuanni'.

Kamu juga bisa mengerjakan hal-hal bermanfaat lainnya, asalkan membuatmu selalu produktif membuahkan pahala. Contohnya seperti membantu orang tua, belajar mandiri, membaca buku, membuat tulisan, dan lain-lain.

Karena malam Lailatul Qadar dilakukan di sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan, maka untuk berjaga-jaga umat Muslim mengerjakan amalan-amalan tersebut di tiga malam yang sekiranya menjadi malam Lailatul Qadar. 

Yang pasti, Allah memberikan hint (petunjuk) bahwa malam Lailatul Qadar adalah saat umat Muslim sangat merasakan kenikmatan dalam beribadah di dalamnya. Hal ini tentunya membuat kita semua yang beribadah menjadi lebih fokus dan nyaman. Ayo buru kenikmatan tersebut dan raih ridha Allah SWT!



Oleh: Dini Al Mufakkiratul Jaddiah Al Ayyubi
(Santriwati Kelas XII, Islamic Leadership School Taruna Panatagama Putri, Yogyakarta)
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar