Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ingat-Ingat, Begini Jawaban Tiga Simpul Besar


Topswara.com -- Di kala manusia mampu menjawab tiga simpul besar dengan benar yaitu siapa dia; untuk apa hidup di dunia; besok mati akan ke mana, insyaAllah mereka akan menemukan makna kehidupan dan kebahagiaan hakiki. 

Karena sejatinya di situlah awal mula dibangun fondasi keimanan kepada Allah Subhanahu wata'ala. Ketika mereka memiliki akidah yang benar dan mengkristal, maka akidah itu yang akan mendorongnya untuk takwa dan menjaganya dari perbuatan-perbuatan yang dilarang-Nya.

Jawaban pertama, manusia adalah ciptaan Allah Subhanahu wata'ala. Manusia ada di muka bumi ini tidak hadir secara tiba-tiba, tetapi karena ada yang menciptakan. Begitu pula kehidupan dan alam semesta tidak tercipta dengan sendirinya, melainkan semuanya ada karena adanya Al-Khaliq Allah Subhanahu wata'ala. "Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya." TQS. At-Tin ayat 4. Maka wajar sebagai seorang hamba menaati segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. 

Jawaban kedua, manusia diciptakan untuk menghamba kepada Allah Subhanahu wata'ala. Apabila mencermati lebih dalam lagi, manusia diciptakan tentunya tidak tanpa tujuan, ada tujuan agung dalam penciptaan manusia, yakni untuk beribadah kepada Allah Subhanahu wata'ala. "Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku." TQS. Az-Zariat ayat 56. 

Letak kemuliaan dan kehormatan manusia pada keimanan dan ketakwaannya. Allah Subhanahu wata'ala meninggikan kedudukan manusia dengan dianugerahi akal, maka jika mereka terlepas dari keimanan dan ketakwaan, sejatinya mereka tidak ada bedanya dengan hewan.

Jawaban ketiga, ada masa pertanggungjawaban dan pembalasan. Manusia diciptakan Allah Subhanahu wata'ala untuk beribadah kepada-Nya dan besok setelah mati akan dimintai pertanggungjawaban. "Dan janganlah kamu mengikuti sesuatu yang tidak kamu ketahui. Karena pendengaran, penglihatan dan hati nurani, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya." TQS. Al-Isra' ayat 36.

Oleh karena itu, tiga jawaban simpul besar ini haruslah menghujam kuat di dada, agar tidak terperosok ke jurang kemaksiatan. Hidup tidak sekadar cari makan, penuhi obsesi, dan mati. Tetapi, hidup adalah untuk taat dan mempersiapkan kehidupan akhirat yang menentramkan dan menggembirakan. Tetap semangat, selalu istiqamah, dan jaga keikhlasan. Semoga kita senantiasa dalam jalan akidah Islam. [] Ika Mawarningtyas
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar