Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Salah satu Amalan yang Selalu Dikawal Setan


Topswara.com -- Inilah salah satu amalan yang selalu dikawal oleh setan menurut Ulama Aswaja Pengasuh Rubrik Dakwah Giri, Ustaz Mochamad Arif Al-Amin.

"Salah satu contoh amalan yang selalu dikawal setan adalah amalan yang seolah-olah baik," tuturnya dalam Kajian Islam Kaffah (Kiffah), bertajuk Amalan yang Selalu Dikawal Setan, di YouTube Channel Dakwah Giri. Selasa, (8/10/2022).

Ia menjelaskan, Imam Al-Ghazali dalam kitabnya Bidayatul Hidayah menyebut bahwa sekalipun seorang ulama, dia bisa saja dikuasai oleh setan.

"Setan itu mengawal amalan manusia. Sehingga, menjadikan orang-orang yang senang berbuat kezaliman akan cenderung terhadap sesama temannya yang zalim. Maka, muncullah dalam dirinya apa yang dilarang oleh Allah Subhanu wa Taa'la. Maka dari itu jika tidak berpegang teguh pada apa yang diperintahkan Allah, setan akan selalu mengawal perbuatan kita," jelasnya.

Ia menyebutkan, misalkan saja seorang ulama tetapi menghina tuntunan yang disyariatkan oleh Allah, menyerang dan mendiskreditkan Islam, sekaligus merasa bahwa ajaran dan aturan agamanya sendiri tidak pantas diterapkan.

"Kemunculan ulama seperti ini yakni ulama yang menginginkan kedudukan, jabatan, dan menjilat pemerintah sedangkan pemimpinnya jauh dari pemahaman agama, sungguh telah membingungkan umat. Sehingga umat pun sependapat dengan apa yang dikatakan ulama dan beranggapan bahwa aturan Islam tidak boleh diterapkan di negeri ini," katanya.

Ustaz mengatakan, sebagaimana penjelasan Imam Al-Ghazali, inilah orang-orang yang dikalahkan oleh setan. Ia selalu menggunakan tanda-tanda keulamaannya, ilmunya semata-mata untuk kehidupan dunia, mengerti syariat tetapi tidak dilaksanakan dalam kehidupannya. Apa yang diperintahkan oleh Allah disingkirkan demi keselamatan dan jabatannya dengan alasan untuk merawat Indonesia. Pengikutnya sangat banyak tetapi statement yang dikeluarkannya menentang syariat Islam, berbusana dan berbicara keulamaan tetapi untuk memperoleh harta dunia.

"Inilah orang-orang yang merusak dan tertipu disebabkan prasangkanya," cetusnya.

Ia mengatakan, jadi setan selalu mengawal perbuatan ulama yang demikian. Sehingga ulama tersebut menyangka bahwa itu adalah amalan yang baik.

"Maka dari itu kita harus senantiasa memohon perlindungan kepada Allah supaya dijauhkan dari amalan yang selalu dikawal oleh setan," tegasnya.

Ia mempertanyakan, lalu bagaimana supaya kita terhindar dari kawalan setan?

"Yaitu dengan selalu mengingat Allah, taat pada perintah dan menjauhi larangan-Nya," tuntasnya. [] Nurmilati
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar