Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Mengenal Lesi Basal Ganglia pada Klien Stroke (Pendekatan Hasil CT Scan)


Topswara.com -- Basal Ganglia adalah kelompok neuron yang terletak jauh di dalam belahan otak dari otak. Basal Ganglia terdiri dari korpus striatum (kelompok utama inti ganglia basal) dan inti terkait. Basal Ganglia terutama terlibat dalam pemrosesan informasi terkait gerakan. Ia memproses informasi yang berkaitan dengan emosi, motivasi, dan fungsi kognitif. 

Anatomi dan fungsi basal ganglia mempunyai peran yang sangat besar pada pasien stroke. Basal ganglia (area korteks, talamus, dan batang otak) berhubungan dengan jaras fungsi motor dan nonmotor. 

Disfungsi basal ganglia dikaitkan dengan sejumlah gangguan yang memengaruhi gerakan termasuk penyakit parkinson, penyakit huntington, dan gerakan yang tidak terkontrol atau lambat (dystonia), sindrom Tourette, dan atrofi sistem multipel (gangguan neurodegeneratif). Sementara kelainan pada jaras nonmotorik yang relevan untuk patofisiologi gangguan neuropsikiatri. 

Scalp akupunktur jiao shunfa akan membantu untuk pemulihan jaras motorik dan nonmotorik pada klien stroke dengan lesi atau infark pada area basal ganglia.


Oleh: Syam Purwaningsih, A.Md.Akup. S.Pt.
(Owner Rumah Bekam dan Akupunktur Muslimah)

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar