Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ustazah Puspita: Hanya Islam yang Mampu Membawa pada Kemerdekaan Hakiki


Topswara.com -- Founder Kajian Sholihah, Sleman, DIY, Ustazah Puspita Satyawati, mengungkapkan hanya Islam yang mampu membawa pada kemerdekaan hakiki.

"Hanya Islam yang mampu membawa pada kemerdekaan hakiki," ulasnya dalam Kajian Muslimah in Circle (MiC): Muslimah Sejati Meraih Kemerdekaan Hakiki, di Arumsari Bakery lantai dua, Berbah, Sleman, DIY, Rabu (17/8/2022). 

Puspita menyampaikan, spirit Islam adalah membebaskan, dari gelap menuju cahaya, dari kejahiliyahan menuju kemuliaan.  

"Sebagaimana fragmen perjuangan Rasulullah SAW yang mengentaskan bangsa Arab dari posisi rendah menuju pada bangsa terhormat, menjadi "khaira ummah," ujarnya. 

Hingga di masa Khulafaur Rasyidin dan beberapa Khalifah Bani Umayyah, ia mengatakan, Islam menguasai nyaris sepertiga dunia di mana dua imperium besar (Persia dan Romawi) mampu ditaklukkan. 

Di bawah naungan Islam imbuhnya, umat pun hidup sejahtera. "Hingga di masa Khalifah Umar bin Abdul Aziz sangat sulit ditemukan rakyat miskin untuk diberi shadaqah. Sementara hari ini?" tanyanya. 

Selain itu, Puspita menjelaskan, kemajuan ilmu dan teknologi juga terjadi. Banyak didapati ilmuwan Islam peletak dasar-dasar peradaban seperti: Ibnu Sina, Ibnu Khaldun, Jabir Ibn Hayyan, dan seterusnya. 

"Hingga kejayaan Islam runtuh di masa kekhilafahan Utsmaniyah pada 1924," cetusnya.

Wujudkan Kemerdekaan Hakiki

Mentor Sekolah Online Muslimah Bahagia ini mengajak untuk meneladani Rasulullah SAW dan para sahabat dalam mewujudkan kemerdekaan hakiki. 

Ia memaparkan merdeka pada beberapa level yaitu pertama, individu, agar berperilaku benar sesuai Islam karena kesadaran, bukan tekanan dan membebek orang lain. Kedua, masyarakat, untuk berpola pikir dan bergaya hidup lepas dari kungkungan budaya selain Islam. Ketiga, negara yang bebas dari segala bentuk penjajahan, bebas menerapkan aturan untuk lindungi rakyat tanpa tekanan asing dan oligarki. 

"Dan bagi umat Islam, negara merdeka adalah negara yang sesuai dengan apa yang Allah dan Rasulullah tuntunkan. Ciri negara merdeka ialah menerapkan aturan Allah SWT," terangnya. 

Kiat Raih Kemerdekaan Hakiki

Puspita membeberkan beberapa kiat Muslimah sejati untuk meraih kemerdekaan sejati, yaitu pertama, paham tujuan hidup dan peran kehidupan yang dimainkan.

Kedua, paham kemerdekaan hakiki ala Allah SWT dan Rasul-Nya. Ketiga, turut berkontribusi dalam perjuangan meraih kemerdekaan hakiki yaitu terterapkannya hukum Allah.

Keempat, melayakkan diri menjemput pertolongan Allah. "Caranya ialah meningkatkan kepribadian Islam dengan mengkaji Islam, taqarrub ilallah, beramal shalih," 

Kelima, sinergi dengan Muslimah lain, misalnya, bergabung dengan komunitas shalihah. Keenam, berdoa, ikhtiar dioptimalkan, tawakal dilangitkan.

"Semoga umat Islam kelak mampu meraih kemerdekaan hakiki, yaitu dengan tegaknya aturan Allah di muka bumi. Inilah yang akan menjamin agar umat Islam tetap dalam fungsi penghambaan sempurna dan beribadah maksimal pada Allah SWT," pungkasnya. [] Alfia Purwanti
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar