Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Terapi Akupunktur untuk Klien Premenopause


Topswara.com -- Premenopause adalah munculnya tanda-tanda dan gejala awal perubahan dari sistem tubuh ketika siklus menstruasi mulai tidak teratur. Premenopause dapat terjadi pada awal usia 30 tahun dan berakhir 1 tahun setelah siklus menstruasi berakhir. Rata-rata terjadi pada usia 47-51 tahun. 

Premenopause adalah masa peralihan antara masa reproduksi dan masa senium. Masa ini dikenal dengan periode klimakterium (sebelum berhenti haid) yaitu 4-5 tahun sebelum menopause. Periode transisi yang dialami wanita saat akan memasuki masa menopause ini memiliki gejala siklus menstruasi tidak teratur, dengan pendarahan haid yang memanjang dan relatif banyak. 

Masa ini dimulai pada usia 40 tahun. Pada klimakterium terdapat penurunan produksi hormon estrogen dan kenaikan hormon gonadotropin, kadar hormon ini akan terus tetap tinggi sampai kira-kira 15 tahun setelah menopause dan kemudian akan mulai turun. Pada permulaan klimakterium kesuburan akan menurun.

Perubahan psikologis biasanya disertai distress dan kesehatan mental. Beberapa wanita menemukan perubahan dirinya dikarenakan ketidakteraturan haid mungkin secara bawah sadar meningkatkan kecemasan, mudah tersinggung, sukar tidur, tertekan, gugup, kesepian, tidak sabar, tegang, cemas, dan depresi, menurunnya daya tarik fisik dan seksual.

Terapi akupunktur merupakan terapi yang digunakan untuk meningkatkan kesehatan selama masa menopause dan pengobatan untuk gejala-gejala tertentu yang dialami oleh klien prememopause. Titik pengalaman yang dilakukan adalah SP 6 Sanyinjio, ST 36 Zusanli, LR 3 Taichong, CV 6 Qihai, CV 4 Kuanyuan, ST 30 Qizhong dan GV 20 Baihui sangat membantu klien untuk mengurangi gejala cemas, gugup, mudah tersinggung, tegang, depresi, dan menormalkan siklus haid.


Oleh: Syam Purwaningsih, A.Md.Akup., S.Pt.
(Owner Rumah Bekam dan Akupunktur Muslimah)

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar