Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Akupunktur Titik Hegu LI-4 untuk Mengurangi Rasa Nyeri


Topswara.com -- Anda pernah mengalami nyeri? Bagaimana saat rasa nyeri melanda? Tentu sangat mengganggu dan menghambat aktivitas Anda. Nah, mari kita kupas tentang rasa nyeri ini dan bagaimana proses akupunktur bisa menguranginya. 

Nyeri adalah rasa yang tidak menyenangkan dan atau pengalaman emosional yang terjadi akibat adanya kerusakan jaringan yang nyata, atau berpotensi rusak atau tergambarkan seperti adanya kerusakan jaringan. Nyeri merupakan suatu gabungan dari komponen objektif (aspek fisiologi sensorik nyeri) dan komponen subjektif (aspek emosional dan psikologis). 

Nyeri dibagi menjadi dua, yaitu nyeri perifer dan nyeri sistem saraf pusat.  Nyeri yang terjadi akibat adanya kerusakan jaringan atau saraf akan mengeluarkan berbagai mediator kimiawi atau dikenal mediator nyeri di antaranya H+, K+, ATP, prostaglandin, bradikinin, serotonin, substansia P, histamin dan sitokain. 
Mediator-mediator kimiawi atau mediator nyeri inilah yang menyebabkan timbulnya rasa tidak nyaman. 

Adapun Hegu LI-4 adalah titik Yuan pada meridian Yangming tangan usus besar yang terletak pada lekukan di antara tulang telapak I dan II (os metacarpal I dan II) pada pertengahan sisi os metacarpal II. Indikasinya untuk nyeri kepala, nyeri wajah, nyeri gigi, dan pembengkakan mata.

Patomekanisme perjalanan akupunktur menimbulkan inflammatory soup yang akan menyebabkan depolarisasi membran ujung saraf. Sementara rangsangan lewat jalur modulasi saraf dapat meningkatkan ambang nyeri secara bertahap, serta terjadi efek analgesik setelah stimulasi akupunktur. 

Akupunktur pada Hegu LI-4 dapat mengurangi nyeri disebabkan selama proses akupunktur terjadi peningkatan ambang nyeri melalui proses penghambatan pada serat-C aferen dan terjadi reaksi analgesik yang dimediasi melalui serat A delta afferent. 

Pada proses modulasi titik Hegu LI-4 desenden, dikontrol oleh otak seseorang sehingga persepsi nyeri ini menjadi sangat pribadi dan subjektif, dipengaruhi oleh latar belakang budaya, pendidikan, atensi. Sistem serabut saraf yang mentransmisikan nyeri juga mempunyai jalur desending berasal dari korteks frontalis, hipotalamus, dan area otak lainnya ke otak tengah (midbrain) dan medula oblongata, selanjutnya menuju medula spinalis. Hasil dari proses inhibisi desendens ini adalah penguatan, atau bahkan penghambatan (blok) sinyal nosiseptif di kornu dorsalis sehingga penderita tidak akan merasakan nyeri.

Demikian cara akupunktur titik Hegu LI-4 mampu mengurangi rasa nyeri. Semoga bermanfaat.


Oleh: Syam Purwaningsih, A.Md.Akup., S.Pt.
(Owner Rumah Bekam dan Akupunktur Muslimah) 
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar