Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Begini Cara Mendisplinkan Diri


Topswara.com -- Jurnalis Joko Prasetyo beberkan dua cara agar diri bisa lebih disiplin. "Banyak agenda yang jadi terlambat bahkan berantakan karena tidak disiplin. Bagaimana agar diri bisa lebih disiplin? Jawaban dari pertanyaan tersebut tampaknya didambakan banyak orang. Tetapi yang berhasil mempraktekannya dialah yang akan berubah menjadi lebih baik. Berikut dua tip diantaranya," bebernya kepada Topswara.com, Senin (23/05/2022).

"Pertama, temukan motivasinya mengapa anda ingin disiplin. Mulai dari motivasi materi  agar mendapatkan uang yang lebih banyak, motivasi moral agar tidak mengecewakan diri ataupun orang lain hingga motivasi ruhiyah karena disiplin merupakan ibadah dan bila sudah diakadkan menjadi utang yang haram jika dilanggar dan motivasi ruhiyah yang terkuat adalah daya dorong dari Allah SWT," terangnya.

Kedua, dikatakannya untuk terus mengulanginya. "Nah, ini memang lebih berat lagi. Setiap merasa berat, ingatlah motivasi mengapa Anda harus melakukannya. Meski berat, bila sudah terbiasa maka akan menjadi ringan," imbuhnya.

Kemudian ia juga menyampaikan bahwa berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dokter ahli bedah plastik Maxwell Maltz pada tahun 1960 suatu habits atau kebiasaan akan terbentuk setelah 21 hari. Hal itu didasarkan pada pengamatannya terhadap seseorang yang diamputasi. 

"Sedangkan ahli psikologi sosial Phillippa Lally pada tahun 2000-an menyebut butuh sekitar 66 hari atau sekitar dua bulan terhadap orang yang dibiasakan minum air bening setiap bangun tidur dan push-up 50 kali," terangnya. 

Kemudian di akhir ia menegaskan, yang pasti setiap upaya yang dilakukan dalam memaksakan diri untuk disiplin (dalam perbuatan yang diridhai Allah SWT). "Semakin berat semakin besar pahalanya," pungkasnya.[] Emmy
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar