Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Seluruh Kitab Allah Diturunkan pada Bulan Ramadhan


Topswara.com -- Pengasuh Program Karomah Fajar Kaffah Channel, Ustaz Muhammad Ihsan Abdul Djalil mengungkapkan bahwa seluruh kitab-kitab Allah SWT diturunkan di bulan Ramadhan.

"Ternyata selain Al-Qur'an, kitab-kitab Allah SWT yang lain juga diturunkan pada bulan Ramadhan," tuturnya pada Tabligh Akbar Eksklusif NuzuluL Qur'an: Mewujudkan Al-Qur'an Sebagai Pedoman Hidup, di YouTube Kaffah Channel, Ahad (17/4/2022).

Ia menjelaskan, di dalam Tafsir Al-Qur'an Al-adzim karya Ibn Katsir menjelaskan pula bahwa bulan Ramadhan bukan hanya Al-Qur'an diturunkan pada bulan tersebut, namun beberapa kitab samawi Allah turunkan kepada Nabi-Nabi dan Rasul-Nya. 

"Jadi, ini adalah suatu keutamaan yang luar biasa dan merupakan kemuliaan bulan Ramadhan," jelasnya.

"Dan kemuliaan Al-Qur'an bisa kita lihat dari hal-hal berikut, pertama, yang menurunkan Al-Qur'an adalah Dzat yang paling mulia, yaitu Allah SWT yang diturunkan kepada manusia terbaik, kepada Sayyidul Anbiya, Rasul terbaik, yaitu Nabi Muhammad SAW dan diturunkannya juga di muka bumi yang paling baik, yaitu tanah haram, Makkah Al-Mukaramah. Dan pada malam yang lebih bagus dari seribu bulan, yaitu malam lailatul qadar," urainya.

Ia menegaskan bahwa Ramadhan adalah bulan yang diagungkan Allah SWT. "Tetapi para pemirsa Kaffah Channel, ada satu hadis dari Ibnu Abbas beliau menyampaikan bahwa ternyata selain Al-Qur'an itu juga seluruh kitab Allah itu diturunkan pada bulan Ramadhan,“ imbuhnya.

Lebih lanjut ia memaparkan, Al Wailah ibnu Al-Asyqa' mengungkapkan bahwasannya Rasulullah SAW mengatakan, "Sesungguhnya suhuf Ibrahim diturunkan di awal Ramadhan, sedangkan kitab Taurat diturunkan kepada Nabi Musa pada 6 Ramadhan, dan kitab injil juga diturunkan kepada Nabi ‘Isa pada 13 Ramadhan, Al-Qur'an diturunkan pada 24 Ramadhan."

"Dari sini kita bisa melihat bahwa seluruh kitab suci (samawi) Allah turunkan pada bulan Ramadhan. Bedanya adalah kalau ada kitab-kitab yang diturunkan kepada Nabi selain Rasulullah itu diturunkan sekaligus (langsung seutuhnya), sedangkan kitab yang diturunkan kepada Rasulullah diturunkan seutuhnya 30 juz adalah pada malam lailatul qadar dari lauhul mahfud ke Baitul Izzah. Sedangkan nanti saat diturunkan ke bumi secara berangsur-angsur," bebernya.

Kemudian ia membacakan Al-Qur'an surah Al-Qadar ayat 1

إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ [٩٧:١]

Sesungguhnya kami menurunkan Al-Qur’an pada malam kemuliaan (Lailatu qadri).”

"Jadi, malam lailatul qadar itu adalah malam yang penuh kemuliaan," tegasnya.

Kemuliaan Ramadhan

Ia memaparkan bahwa bulan Ramadhan adalah bulan penuh kemuliaan Allah SWT. Di mana diwajibkan _siyam_ (puasa) pada setiap siang harinya dan Allah SWT juga menetapkan _qiyamul lail_ pada tiap malamnya. 

"Dan di bulan ini juga Allah benar-benar obral pahala, mereka yang melaksanakan amalan sunah, pahalanya seperti melaksanakan kewajiban dan mereka yang melaksanakan kewajiban pahalanya berlipat ganda," paparnya.

Ia menerangkan, salah satu kemuliaan di bulan Ramadhan adalah seperti di dalam Al-Qur'an surah Al-Baqarah ayat 185 

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآَنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ. 

"Bulan Ramadhan, bulan yang di padanya diturunkan (permulaan) Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil).” 

"Bulan Ramadhan bulan diturunkannya Al-Qur'an yang menjadi hudallinnas, petunjuk bagi manusia, wabainaati minal huda, dan penjelasan-penjelasan petunjuk itu. Walfurqoon, dan sebagai pembeda antara yang hak dan yang batil. Pada ayat ini, Allah SWT menjelaskan bahwa Ramadhan adalah bulan yang dimuliakan Allah, karena di bulan ini Allah menurunkan Al-Qur'an," pungkasnya.[] Nabila Zidane
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar