Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Kiai Yasin Muthohar: Ramadhan Bulan Pengendalian Diri


Topswara.com -- Pimpinan Pondok Pesantren Al-Abqary K.H. Yasin Muthohar mengatakan, Ramadhan dikenal sebagai bulan pengendalian diri.

"Bulan Ramadhan dikenal sebagai bulan pengendalian diri," tuturnya dalam video bertajuk Ramadhan Bulan Pengendalian Diri, di kanal YouTube Khilafah Channel Reborn, Kamis (21/4/2022).

Karena itu menurutnya, inilah saat bagi umat Muslim memerangi hawa nafsu, merubah nafsu amarah menjadi nafsu mutmainah.

"Upaya kita memerangi hawa nafsu, mengendalikan hawa nafsu disebut dengan mujahadah," jelasnya.

Menurutnya, siapa pun yang bersungguh-sungguh di jalan Allah memerangi hawa nafsu maka dia akan diberi petunjuk oleh Allah SWT.

Ia menjelaskan bahwa orang-orang yang memerangi hawa nafsu dijelaskan oleh Allah SWT di dalam Al-Qur'an adalah orang yang sangat beruntung.

"Sungguh sangat beruntung orang yang menyucikan dirinya memerangi hawa nafsu, menjadi suci bersih," jelasnya.

Karena itu ia jelaskan, sebaliknya sungguh merugi orang-orang yang mengotori dirinya. Ia mencontohkan, kaum Tsamud yang telah mendustakan perintah Allah dan Nabi-Nya, Nabi Shaleh as.

"Kaum Tsamud menentang ajaran yang dibawa oleh Nabi Shaleh, bahkan kaum Tsamud adalah kaum yang melecehkan nabi Shaleh," contohnya.

Ia menunjukkan, karena penentangan kaum Tsamud itulah, maka Allah memberikan siksa karena dosa yang dilakukan.

"Karena mereka melampaui batas, mereka tidak bisa memerangi hawa nafsu, karena mereka terbuai dengan hawa nafsu. Mereka mengabaikan wahyu," jelasnya.

Ia mengingatkan, bahwa hanya ada dua pilihan dalam hidup, yaitu mengikuti wahyu atau mengikuti hawa nafsu.

"Ketika kita mengikuti wahyu, maka insyaallah nafsu kita akan menjadi nafsu yang tunduk kepada kita," tandasnya. [] Dewi Srimurtiningsih
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar