Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Anak-Anak Wadas Alami Trauma, Pakar Parenting: Perlu Proses Pemulihan Mental


Topswara.com -- Prihatin dengan trauma yang dihadapi anak-anak di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah sebagai imbas dari penangkapan warga oleh aparat, Pakar Parenting Islam Ustaz Iwan Januar mengatakan bahwa anak-anak itu perlu proses pemulihan mental. 

"Anak-anak itu perlu proses pemulihan mental," tuturnya kepada Topswara.com, Jumat (11/2/2022).

Menurut Ustaz Iwan, anak-anak itu rentan mengalami trauma. Ia menjelaskan, hal itu bisa mengganggu keseharian mereka, termasuk mengganggu konsentrasi belajarnya. Karena itu, ia mengingatkan bahwa perlu penanganan segera sebab jika tidak, anak-anak dikhawatirkan akan dibayangi ketakutan.

"Kalau ini tidak segera ditangani, khawatir anak-anak dibayangi ketakutan, terutama setiap melihat aparat," ungkapnya.

Untuk proses pemulihan mental anak-anak tersebut, menurut Ustaz Iwan, bisa dilakukan oleh keluarga dan masyarakat, caranya dengan menyibukkan mereka pada hal-hal yang menyenangkan menutup pemikiran mereka itu, misalnya dengan melakukan aneka permainan, maupun dengan aktivitas ibadah.

"Caranya, pikirannya ditutup dengan kegiatan yang fun seperti permainan, juga aktivitas ibadah," ungkapnya.

Di sisi lain, Ustaz Iwan menyayangkan, aparat keamanan bersikap keras dan kurang bersahabat terhadap anak-anak, padahal seharusnya aparat tahu penanganan terhadap anak-anak. Ia menilai, ada pola pendidikan dan protap di kepolisian yang harus dibenahi agar aparat tidak mengulangi perlakuan tersebut.

"Aparat juga jangan mengulangi lagi perlakuan seperti itu pada warga, apalagi orang tua dari anak-anak ini, terutama di depan anak-anak. Kalau tindakan ini masih terus berulang, lama-lama mental anak-anak ini makin terganggu," pungkasnya.[] Saptaningtyas
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar