Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ustaz Iwan Januar: Waspada Bahaya Takhbib


Topswara.com -- Menanggapi fenomena banyaknya perselingkuhan dan tata pergaulan yang semakin memperhatinkan saat ini, Pakar Parenting Islam Ustaz Iwan Januar menyampaikan bahwa hal tersebut merupakan perilaku takhbib. 

"Apa takhbib itu? Takhbib adalah perilaku menipu dan merusak, yaitu seorang wanita yang menyebut-nyebut kejelekan suami di hadapan istrinya atau kebaikan lelaki lain di depan wanita itu," Jelasnya dalam Jendela Keluarga Muslim: Takhbib Pengrusak Keharmonisan Rumah Tangga, Jum'at (14/01/2022) di YouTube Peradaban Islam.

Ustaz Iwan mempercontohkan, takhbib itu seperti seorang laki-laki yang menipu seorang wanita yang sudah menikah dengan tipu daya sehingga wanita itu bercerai dengan suaminya, lalu ia menikahinya, hal itu juga berlaku sama dengan seorang wanita yang merayu suami orang lain agar dia menceraikan istrinya . 

"Setan itu paling sering menciptakan perangkap dan paling sering itu dalam masalah syahwat antara laki-laki dan perempuan," jelasnya. 

Lebih lanjut, Ustaz Iwan menyampaikan bahwa perbuatan takhbib itu termasuk dosa besar sebagaimana hadis riwayat Abu Daud berikut, “Bukan bagian dariku seseorang yang melakukan takhbib terhadap wanita, sehingga dia melawan suaminya.” dan hadis Riwayat Imam Ahmad, "Siapa yang merusak hubungan seorang wanita dengan suaminya maka dia bukan bagian dariku.”

"Ada tiga penyebab terjadinya takhbib, pertama, lemahnya iman dan takwa pribadi dan masyarakat; kedua, adanya sistem liberal yang membebaskan pergaulan pria dan wanita; ketiga, tidak ada negara yang melindungi, yaitu negara yang menerapkan syariat Islam," paparnya.

Ustaz Iwan menyatakan, untuk mencegah terjadinya takhbib maka secara pribadi dan masyarakat harus meningkatkan iman dan takwa dan ada negara yang mencegah dari perbuatan takhbib tersebut dengan penerapan syariat Islam.[] Emmy
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar