Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

CEO Educoach Jabarkan Kewajiban Anak kepada Orang Tua


Topswara.com-- Penulis Buku Santripreneur Santri Milenial dan Chief Executive Officer (CEO) Educoach Dr. Nasrul Syarif, M. Si. menjabarkan kewajiban anak kepada orang tua.

"Pertama, menafkahi orang tua jika tidak mampu. Kedua, merawatnya," tutur Ustaz Faqih, sapaan akrabnya kepada Topswara.com, Senin (8/11/2021).

Menurutnya, taat dan berbakti kepada orang tua artinya melakukan tindakan-tindakan yang dapat membuat keduanya senang, bukan hanya sekadar menghormatinya saja. Bahkan, kendati mereka bukan orang Muslim, tapi seorang anak tetap wajib untuk berbakti selama masa hidupnya.

"Di usianya yang lambat laun semakin renta membuat ayah dan ibu kita makin sulit untuk bekerja dan menghasilkan uang. Disinilah kewajiban kita sebagai seorang anak yang harus menafkahi orang tua apabila mampu," ujarnya. 

Ia mengutip firman Allah SWT dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 215 menjelaskan bahwa hendaknya seorang anak memberikan nafkah terlebih dahulu kepada orang tua mereka sebelum menafkahkan hartanya ke orang lain (sedekah). Orang tua memiliki hak atas harta yang dimiliki oleh anaknya jika memang si anak diberikan kecukupan. 

يَسَۡٔلُونَكَ مَاذَا يُنفِقُونَۖ قُلۡ مَآ أَنفَقۡتُم مِّنۡ خَيۡرٖ فَلِلۡوَٰلِدَيۡنِ وَٱلۡأَقۡرَبِينَ وَٱلۡيَتَٰمَىٰ وَٱلۡمَسَٰكِينِ وَٱبۡنِ ٱلسَّبِيلِۗ وَمَا تَفۡعَلُواْ مِنۡ خَيۡرٖ فَإِنَّ ٱللَّهَ بِهِۦ عَلِيمٞ (٢١٥)

“Mereka bertanya tentang apa yang mereka nafkahkan. Jawablah: Apa saja harta yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu-bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan. Dan apa saja kebaikan yang kamu buat, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahuinya.” (QS. Al-Baqarah: 215)

Ia menjelaskan, kendati orang tua masih mampu bekerja, tapi, sebaiknya sebagai seorang anak tetap memberikan sebagian dari penghasilannya untuk orang tua. Mengenai kewajiban anak kepada orang tua ini juga dijelaskan melalui H.R. Ahmad, Abu Dawud dan Ibnu Majah bahwasanya kamu dan hartamu adalah milik ayahmu.

"Seiring bertambahnya usia, ayah dan ibu kita akan semakin tua dan renta serta mudah sakit-sakitan. Sebagai seorang anak kita diwajibkan untuk merawat mereka yang sudah tidak mampu lagi merawat diri sendiri," tuturnya. 

Ia mengutip sabda Rasulullah SAW, seseorang yang tidak merawat kedua orang tuanya ketika sudah renta termasuk orang merugi dan tidak masuk surga. (H.R. Muslim). 

"Besar pahala yang akan didapatkan oleh anak-anak berbakti yang dengan sepenuh hati dan bersabar dalam merawat kedua orang tua," pungkasnya.[] Witri Osman
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar