Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Buya Yahya: Semangat Harus Dibarengi Ilmu


Topswara.com -- Pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah (LPD) dan Pondok Pesantren Al-Bahjah Cirebon Buya Yahya mengatakan, semangat harus dibarengi ilmu.

“Banyak orang punya semangat tinggi tidak dibarengi dengan ilmu, kemudian bersama semangatnya disambut oleh orang, terlanjur dikenal, disenangi orang sementara bekalnya kurang,” ujarnya  dalam Buya Yahya Menjawab: Menanamkan Keistiqamahan Sejak Usia Remaja di YouTube Buya Yahya, Kamis, (21/10/2021).

Ia berpesan, tekuni dunia dan belajarlah semakin serius karena dengan belajar begitu saja untuk mengajak orang dan mengamalkan ilmunya istimewa. Maka sangat sayang jika semangat besar tidak dibekali dan ambil kesempatan untuk memperkuat ilmu maka yakin akan bermanfaat.

Ia mengatakan, banyak orang punya ilmu pun tak ada semangat menyebarkan padahal ilmu di dalam otaknya banyak. Menurutnya, ada yang mengajak satu orang saja tidak bisa, bahkan tidak ada keinginan.

"Biasakan tidak akan mengucapkan yang benar kecuali benar-benar diketahui. Jangan sampai keluar daripada jalur karena semangat tidak dibarengi ilmu,” ujarnya.

Ia merindukan, generasi yang punya semangat besar untuk memperkuat ilmu. “Rindu anak-anak yang bersemangat besar untuk memperkuat ilmu, maka kalau bersemangat nanti di saat mendapatkan akan berbuah,” katanya.

“Diposisikan di tempat yang tinggi oleh seseorang, oleh masyarakat sehingga akan berani berfatwa yang tidak diketahui,” ujarnya. 

Maka yang perlu diwaspadai, menurutnya adalah tahu batasan yang sudah diketahui sampaikan dengan fiqih, yang belum diketahui jangan berbicara. “Karena orang bersemangat ini harus ada rambu-rambunya,” pungkasnya.[] Wiji Lestari
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar