Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

“Di Surga Ada Es Krim Enggak Pak?”, Ustaz Budi Ashari: Jawabnya Harus dengan Kalimat Ayat dan Hadis


Topswara.com -- Pakar Parenting dan Pendidikan Islam Ustaz Budi Ashari menjelaskan, ketika anak-anak bertanya apakah di surga ada es krim, maka jawabnya harus pakai kalimat-kalimat ayat dan hadis.

“Seneng banget (anak-anak) dengan es krim, (lalu) tanya, 'Di surga ada es krim enggak Pak?' Jadi jawabnya itu juga harus pake kalimat-kalimat ayat dan hadis,” tuturnya dalam serial Cara Menjawab Pertanyaan Anak di YouTube Budi Ashari Official, Ahad (12/09/2021).

Ustaz Budi menjelaskan, kalau dijawab ada (es krim di surga), berarti ngarang. Coba di ayat dan hadis mana ada es krim tersebut.

“Jadi kalau antum bilang, 'Ada Nak.' Salah. Kalau antum bilang tidak ada, bahaya buat anak. Betul ya? ‘Ah males ah masuk surga.’ Bahaya anak-anak masuk surga enggak mau,” ujarnya. 

Ia mengatakan, pahami dulu akar permasalahan yang ditanyakan anak-anak tentang Allah dan hal yang ghaib. Itu sebenarnya, intinya anak pengen bersenang-senang di surga. Berarti, masalahnya bukan es krim.

“Kalau kesenangan, Al-Qur’an sudah bicara tentang kesenangan di surga. Contohnya adalah ayat lahum maa yasyaauna fiiha waladaina mazid, (artinya) mereka penghuni surga itu berhak mendapatkan apa saja yang mereka mau. Itu aja sampaikan. Anak puas dengan, ‘Oh kalo gitu ada es krim.’ Itu tafsiran dia, bukan kalimat saya,” tutupnya.[] Reni Tri Yuli Setiawati
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar