Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Cantik


Topswara.com -- Apa sih cantik menurut Anda? Jawabannya sangat dimungkinkan persis dengan definisi yang dimaui pabrik kosmetik dengan modelnya yang kerap nongol di televisi dan majalah: putih, langsing dan lain sebagainya. Demikian hebatnya dogma itu dipropagandakan menjadikan banyak wanita terobsesi untuk memutihkan kulit, menurunkan berat badan dan lainnya.  

Tahukah Anda, definisi cantik selalu berubah sesuai dengan pihak yang mampu memengaruhi opini publik? Sampai-sampai Citra hand and body lotion yang bertahun-tahun mengabarkan pada publik Indonesia wanita cantik itu yang berkulit kuning langsat, mengeluarkan produk Citra White. Mengapa? Agar tidak kehilangan pasar lantaran perubahan definisi kecantikan seiring dominasi iklan produk kosmetik asing di media massa. 

Begitu juga dengan tren supermodel. Menjadi model biasanya hanya dilakukan oleh perempuan bertubuh langsing. Namun sekarang, anggapan itu sudah dipatahkan oleh wanita-wanita dengan ukuran tubuh besar namun mampu menjadi model-model dunia termasuk Tara Lynn yang berat badannya 90 Kg.

Artinya, seluruh wanita sebenarnya terlahir cantik. Tetapi mampukah dirinya mempergunakan kecantikan itu dengan benar? Dapatkan ia tampil cantik dalam berpakain? Dalam percakapan dan cantik menurut akhlaknya? Tentu Muslimah sejati akan berpedoman pada petunjuk Ilahi bukan berdasarkan propaganda pabrik kosmetik yang kadung mengopini.

Muslimah sejati menyadari bagaimana pun fisik yang dimilikinya adalah kecantikan yang merupakan anugerah Ilahi yang tidak boleh dipertontonkan kepada lelaki bukan mahram. Ke luar rumah dengan menggunakan kerudung dan jilbab, hanya bercakap-cakap terkait hal yang baik-baik saja serta akhlaknya selalu dikaitkan pada halal dan haram. Inilah kecantikan Muslimah sejati. Karena cantik, bukan sekadar fisik.[] 


Joko Prasetyo (Jurnalis)

Dimuat pada rubrik Salam Pembuka newsletter Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA) edisi 37 (April 2014).
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar