Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Al-Imam As-Suyuthi: Khilafah Ajaran Islam, Bahkan Ajaran Pokok yang Agung


Topswara.com -- Ada yang menarik di kitab al Imam Jalaluddin as Suyuthi asy Syafi'i (w. 911 H) berjudul Al-Inâfah fî Ratbatil Khilâfah ini. Terutama bagian mukadimahnya, terkait jawaban beliau terhadap seorang tokoh 'Ajam yang mempertanyakan dalil khilafah, yang kemudian melatarbelakangi penulisan kitab tersebut.

ودار البحث بيني وبينه في (أشياء)، فكان مما سألني عنه الخلافة هل لها أصل في الشرع (و) وردت بها الأحاديث أو هي أمر (عرفي) (اصطلح) عليه الناس؟ فقلت: سبحان الله ومثل هذا يجهل حتى يسئل عنه. الخلافة ركن عظيم من أركان الإسلام أكدها (الشرع) ووردت بها الأحاديث (والأخبار) (فسألني أن أجمع له ما ورد من ذلك) في مؤلف فجمعت له هذا الكتاب وسميته: الإنافة في (رتبة) الخلافة.

"Terjadilah diskusi antara kami berdua (Al Imam As Suyuthi dan seorang tokoh 'Ajam) terkait banyak hal. Dan di antara yang dia tanyakan kepadaku adalah soal khilafah, apakah ia memiliki dasar di dalam syariat Islam dan dimuat di dalam hadis-hadis, ataukah ia sekadar tradisi yang dibuat oleh orang-orang? 

Maka aku jawab: Subhanallah, hal begini saja tidak tahu sampai ditanyakan!? Khilafah adalah sebuah ajaran pokok yang agung di antara ajaran-ajaran pokok di dalam Islam, yang telah ditegaskan oleh syara' dan dimuat oleh banyak hadis dan khabar. Lalu dia memintaku agar mengumpulkan untuknya apa saja riwayat tentang itu dalam sebuah kitab, maka aku kumpulkan untuknya dalam kitab ini dan kuberi nama: Al-Inâfah fî Ratbatil Khilâfah."

Al-Inâfah fî Ratbatil Khilâfah, karya Jalaluddin as Suyuthi. Kitab tersebut masih berupa manuskrip (makhthûth) belum ada versi cetaknya. Ada pun ibarot beliau di atas adalah hasil muqabalah (memperbandingkan) antara dua versi manuskrip:

1. versi A
https://dorar.uqu.edu.sa/uquui/web/viewer.html?file=https://dorar.uqu.edu.sa/uquui/bitstream/20.500.12248/103809/1/b11850589_0.pdf

2. versi B
https://down.ketabpedia.com/files/mmnw/ketabpedia.com-mmnw3095.zip

Bagi yang ingin mengakses manuskrip tersebut secara utuh bisa mengunjungi Univ. Al-Qasimiyyah Uni Emirat Arab, tepatnya alamat di sini:

https://www.imh.ac.ae/manuscript/20191490/

Maqalah dari al Imam as Suyuthi tersebut semakin menegaskan bahwa #KhilafahAjaranIslam. Bahkan beliau sebut di situ bahwa khilafah termasuk ruknun 'azhim (ajaran pokok yang agung) dalam Islam. Karena memang terkait dengan penerapan banyak sekali syariat-syariat yang ada dalam ajaran Islam.

Ditulis kembali oleh: Achmad Mu’it 

Disadur dari: Postingan grup FB JEJAK KHILAFAH DI KITAB ULAMA oleh Azizi Fathoni 13 September 2020
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar