Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ustaz Iwan Januar: Seharusnya Pemuda Muslim Melekat Karakter Shalih dan Muslih


Topswara.com -- Pengamat Sosial Politik Iwan Januar mengatakan, dua karakter yang melekat pada pemuda muslim yakni shalih dan muslih.

“Seharusnya dalam diri para pemuda muslim melekat dua karakter; shalih dan muslih,” tuturnya dalam buku Bara Dakwah Para Pemuda Cetakan 1 tahun 2020.

Ia menjelaskan, shalih adalah hamba Allah yang menegakkan hak Allah Ta’ala dan hak pribadinya dengan menunaikan amalan fardhu dan meninggalkan hal yang haram. “Sedangkan muslih adalah orang yang melakukan perbaikan pada masyarakat, mengarahkan mereka dan menunjuki mereka dan melakukan amar makruf nahi mungkar,” jelasnya.

Ia mengatakan, hari ini umat sangat membutuhkan pemuda dengan jiwa muslih.

“Pemuda dengan ruh muslih ini bukan hanya memikirkan kebaikan untuk diri mereka, tapi juga berusaha menyelamatkan umat,” tegasnya.

Ia mengungkapkan, para pemuda muslim harus merubah mindset, jika berislam itu cukup menjadi pribadi yang shalih. Ternyata sekedar shalih untuk dirinya sendiri tidak cukup dan tidak bisa menyelamatkan umat dari kemerosotan peradaban.

“Sedangkan orang-orang yang sibuk dengan amal shalih pribadi mereka, tak kunjung beranjak menggerakkan umat menuju kebaikan, sebenarnya tengah terlena dan melenakan,” ungkapnya.

Ia mencontohkan, sikap merasa shalih sendiri membuat umat terus berada dalam kubangan keterpurukan. Serta  keberadaannya hanya menyenangkan kaum imperialis, karena tidak pernah mengusik rencana-rencana jahat dalam menjajah umat.

“Ketahuilah, yang dibenci dan dikhawatirkan kaum musyrik Quraisy bukanlah kesalehan Baginda Nabi SAW. tapi yang ditakutkan dan dibenci kaum musyrikin adalah ketika Rasulullah SAW. berusaha melakukan taghyir, perubahan total masyarakat jahiliyah menuju kehidupan Islam,” pungkasnya [] Alfia Purwanti

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar