Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Peristiwa Penting di Bulan Ramadhan (Bagian 20) Penaklukkan Belgrade

Topswara.com -- Pada 26 Ramadan tahun 927 H, atau 28 Agustus 1521, Kota Belgrade dikepung pasukan Utsmani di bawah pimpinan Menteri Ber Muhammad Pasya. Kota ini menyerahkan diri setelah pasukan Muslim mendapat pertolongan dari Sultan Utsmani, Sulaiman Al-Qanuni. 

Lalu di Belgrade dilaksanakan salat Jumat untuk pertama kalinya. Islam telah berhasil menyelamatkan penduduk Belgrade dari penyembahan kepada selain Allah SWT, bagi mereka yang mau masuk Islam.

Sementara itu, 26 Ramadan 1021 H, negara Utsmani meneken perjanjian damai dengan Iran. Sepakat menghentikan perang saudara yang telah berlangsung 9 tahun. Ditentukan batas-batas wilayah antara dua  negara tersebut. Padahal hakikatnya mereka adalah sama-sama negeri Muslim yang seharusnya bersatu dalam khilafah yang satu.

Kemenangan atas Jerman

Pada tanggal 27 Ramadan tahun 1107 Hijriyah atau 20 April 1696 M Sultan Utsmani, melakukan ekspansi keduanya ke Eropa. Ia membuka front pertempuran hebat dengan pasukan Jerman. Pasukan Muslim berhasil mewujudkan kemenangan. Islam masuk Jerman.  Ekspansi ini terus berlangsung selama 6 bulan yaitu hingga tanggal 25 bulan 10 tahun 1696 Masehi.

Periatiwa lain, pada tanggal 27 Ramadan tahun 1093 H bertepatan dengan 29 September 1682 masehi Panglima Khilafah Utsmani Ozon Ibrahim Pasha berhasil menguasai benteng Falk yang  kokoh di Slovakia, selain 28 benteng lain yang ada di wilayah tersebut. Sang Panglima berhasil mewujudkan hegemoni total atas wilayah Slovakia. Islam mulai disebarkan di sana.

Islam Jaya di Spanyol

Pada tanggal 28 Ramadan tahun 92 H atau 18 Juli 7 11 M terjadi perang Sedonia atau perang Guadelete antara pasukan Muslim di bawah komando Thariq Bin Ziyad dan pasukan Visigoth di bawah komando Roderick. 

Di dalam pertempuran ini kemenangan berpihak kepada kaum muslimin. Kemenangan ini memberi kesempatan kepada Islam untuk masuk ke Spanyol.  Negara Islam tegak di sana selama 8 abad lamanya.

Di sadur dari buku Berjudul Peristiwa-peristiwa Penting di Bulan Ramadan karya DR Abdurrahman Al-Baghdady.


Oleh: Kholda Najiyah
Founder Salehah Institute
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar