Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Syiar, Membuat Konten Dakwah


Topswara.com -- Dalam membuat video yang bagus tidak bisa dihindarkan dari perencanaan video yang sistematis. Oleh karena itu, penting menulis konsep video tersebut dan target atau tujuan dari pembuatan video tersebut. Untuk membuat video yang menggugah ada beberapa tips berikut. Pertama, menentukan tujuan dari pembuatan video. Tujuan pembuatan video harus ditulis agar hal ini menjadi penyemangat kita dalam mengerjakan video ini sampai selesai. Sebagai contoh, kita membuat video untuk menguatkan syiar dakwah Islam, menyebarkan kebaikan, menyerukan kemakrufan, dan mencegah kemungkaran. 

Tujuan tersebut bisa menjadi trigger untuk istiqamah dalam menyampaikan kebaikan. Selain itu, tujuan pembuatan video ini membuat kita fokus akan tujuan dan tidak tergoda membuat video yang tidak bermutu hanya mengejar like, share, comment semata. Pada faktanya, banyak sekali hari ini dibuat konten-konten tidak bermutu demi mendapatkan cuan dan followers. Bahkan, video-video yang berisi penyesatan dan kemaksiatan banyak diproduksi demi memenuhi tuntutan hiburan yang berisi syahwat semata. 

Kedua, menulis dan membuat pesan apa yang akan disampaikan dalam video tersebut. Dalam membuat video penting kita merencanakan apa yang akan disampaikan, supaya kita bisa melakukan koreksi sebelum video itu dibuat dan dipublikasikan. Tidak ada cara lain kecuali kita membuat video tentang kebaikan atau sesuatu hal yang bermanfaat. Sebagai konten kreator kita perlu menghindari membuat konten unfaedah dan tidak mengandung kebaikan karena hal itu hanya akan menjadi investasi dosa pelakunya. 

Sebagai contoh kita membuat video tentang ayat atau hadis atau tema-tema dakwah yang menggugah. Membuat konten yang bagus juga penting dengan banyak membaca materinya dan melihat video-video yang sudah ada. Awal-awal kita bisa mencari konten-konten tulisan yang sudah ada, selanjutnya konten tulisan tersebut dibuat video, dibacakan di video dengan menyertakan sumber yang kita baca. Apabila kita mengolah kembali tulisan tersebut dengan bahasa kita sendiri, tidak mencantumkan sumbernya tidak mengapa. 

Ketiga, melakukan pengambilan video dengan beberapa hal teknis sebagai berikut. Dalam masalah teknis pengambilan video kita dapat memilih dengan apa, tetapi alangkah baiknya cukup menggunakan smartphone yang kita punya. Langkah-langkah sebagai berikut. Pertama, menggunakan kamera yang bagus mendukung pengambilan video yang bagus. Kedua, membacakan skrip yang telah dibaca dengan baik. Hal tersebut bisa didukung dengan mikrofon yang mendukung; latihan terlebih dahulu di depan kaca; menyampaikan dengan intonasi dan artikulasi yang baik. Ketigatidak perlu membuat video yang berbelit-belit, to the point jauh lebih baik dan tidak usah terlalu panjang, karena video tersebut hanya untuk konten di media sosial; membuat video dengan pencahayaan yang baik. 

Setelah melakukan tiga cara di atas, yang perlu diperhatikan adalah dalam menayangkan video. Dalam pembuatan video harus adaptif dengan beberapa aplikasi, seperti Canva, Capcut, ataupun aplikasi pembuat gambar dan video lainnya. Dalam upload video harus disertakan judul yang sesuai dengan video, alangkah baiknya juga ada teks yang berjalan dalam video tersebut. Ketika menayangkan diperlukan hastag yang mendukung video yang telah dibuat.[] Ika Mawarningtyas 
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar