Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Peran Wanita sebagai Support System Peradaban


Topswara.com -- Membahas terkait tugas wanita sebagai support sisitem kehidupan, Founder Syameela Ustaz Oemar Mita menyampaikan bahwa suppport sistem dalam kehidupan peradaban hari ini adalah bagaimana kita mempersiapkan para wanita berada pada treknya. 

"Kita harus mempersiapkan anak perempuan kita supaya mengerti kewajibannya yaitu dengan mempersiapkannya ketika ia akan menikah lalu ketika ia menjadi seorang ibu. Karena sekali lagi peradaban besar itu tergantung bagaimana posisi wanita pada peradaban itu,"paparnya dalam Kajian tematik, Tugas Wanita Sebagai Support System Kehidupan, (Selasa, 19/09/2023), di YouTube Oemar Mita Syameela.

Lalu beliau melanjutkan, selama wanitanya berada dalam kondisi yang baik pada peradaban itu maka seluruh peradabannya itu akan menjadi baik dan kualitas kehidupannya akan menjadi baik. 

"Tetapi jika kondisi wanitanya itu buruk maka peradabannya juga akan buruk dan akan ambruk seiring dengan ambruknya wanita yang menjadi tiang umat dan tiang kehidupan," tegasnya. 

Oleh karena itu, lanjut beliau tidak salah kalau Rasulullah SAW mengatakan dalam salah satu haditsnya bahwasanya tidak ada yang menjadikan Bani Israil walaupun mereka menjadi kaum yang paling banyak nabinya dan merupakan kaum yang Allah turunkan kitab taurat untuk mereka tetapi Bani Israil itu menjadi hancur. 

"Dan hancurkan Bani Israil itu dimulai dari hancurnya wanita di antara mereka. Nah, inilah sebuah fakta yang tidak bisa terbantahkan," ujarnya. 

Lalu ia menyampaikan bahwa wanita itu memiliki sebuah peranan besar. Hal ini bisa tergambar dalam surat Al-Furqan ayat 74, Allah SWT berfirman yang artinya:
"Orang-orang yang berkata, ya rabb kami anugerahkanlah dari istri-istri dan turunan kami penyejuk mata dan jadikanlah kami pemimpin orang-orang bertakwa." 

"Dalam ayat ini ada tiga permintaan; pertama, meminta agar pasangan kita qurota'ayun. Kedua, meminta agar anaknya menjadi anak yang membahagaikan orang tuanya dan yang ketiga, meminta untuk menjadi pemimpin orang-orang yang bertakwa," paparnya. 

Dan menurutnya, dalam ayat ini, dijelaskan bahwa wanita punya peran yang sangat besar dalam mensuport suami dan anak-anaknya agar menjadi pemimpin orang-orang yang bertakwa. 

"Oleh karena wanita itu tidak sekadar sebagai ibu rumah tangga tetapi wanita itu adalah bagian dari sebuah tim yang sangat luar biasa bersama suaminya dan memberi suport sistem yang terbaik dalam kehidupan bersama suami dan keturunan-keturunannya," tutupnya.[]Emmy
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar