Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Cara Islam Mengatur Pergaulan


Topswara.com -- Menyikapi maraknya seks bebas dikalangan remaja, Muslimah Media Center (MMC) menerangkan bahwa Islam mengatur tata cara pergaulan dengan lawan jenis.

"Ada beberapa cara Islam mengatur pergaulan dengan lawan jenis agar naluri tersebut tersalurkan dengan benar," ujarnya di YouTube Muslimah Media Center bertajuk Usia Seks Remaja Makin Muda, Remaja dalam Jeratan Liberalisasi Pergaulan, Selasa (8/8/2023).

Ia menerangkan, Allah Ta'ala memberikan aturan agar naluri tersebut tersalurkan dengan benar, yaitu hanya dalam ikatan pernikahan yang sah. Kemudian, ia membacakan Al-Qur'an surah Al-A'raf ayat 189,

هُوَ الَّذِىۡ خَلَقَكُمۡ مِّنۡ نَّـفۡسٍ وَّاحِدَةٍ وَّجَعَلَ مِنۡهَا زَوۡجَهَا لِيَسۡكُنَ اِلَيۡهَا‌

"Dialah yang menciptakan kamu dari jiwa yang satu (Adam) dan daripadanya Dia menciptakan pasangannya, agar dia merasa senang kepadanya."

"Maka, Islam memberikan solusi pernikahan bagi pria dan wanita yang telah mampu menjalankan amanat besar suami istri. Jika tidak mampu, maka Islam memerintahkan untuk berpuasa dan menjaga farjinya," lanjutnya

MMC menambahkan, sekalipun Islam memahami akan ada pandangan seksual diantara pria dan wanita, namun Islam memiliki aturan agar interaksi publik antara keduanya tidak selalu mengarah pada arah seksualitas. Aturan tersebut diantaranya,

"Pertama, Islam memerintahkan untuk menundukkan pandangan. Kedua, Islam memerintahkan wanita untuk menutup auratnya secara syar'i dan tidak tabaruj," tegasnya.

Ketiga, Islam memerintahkan agar wanita ditemani oleh mahramnya ketika safar. Keempat, Islam melarang pria dan wanita ber-khalwat (berdua-duaan) kecuali disertai mahram wanita tersebut dan ber-ikhtilat tanpa tujuan syar'i.

"Kelima, Islam melarang wanita keluar rumah tanpa seizin suaminya. Keenam, Islam memerintahkan agar kehidupan khusus komunitas wanita dan pria terpisah. Ketujuh, Islam memperbolehkan hubungan kerjasama antara pria dan wanita dalam hal yang bersifat umum seperti muamalah misalnya," tekannya.

Menurut MMC bahwa dari ketujuh aturan itulah, maka kehidupan publik antara pria dan wanita akan berfokus pada ta'awun, yaitu saling tolong-menolong dan amar makruf nahi mungkar dan akan menjauhkan pandangan seksualitas diantara keduanya yang menjadi gerbang perzinaan. 

"Inilah aturan pergaulan Islam yang seharusnya menjadi pemahaman generasi saat ini. Sehingga mereka akan mampu melakukan self control untuk menjauhi zina," pungkasnya.[] Nabila Zidane
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar