Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Tips Mendidik Istri agar Shalihah


Topswara.com -- Memiliki istri yang shalihah merupakan anugerah. Namun bila istri tidak sesuai dengan yang diharapkan, sebagai kepala rumah tangga, suami tentu wajib mengubahnya. Banyak cara bisa dilakukan. Berikut beberapa tips di antaranya.

𝑷𝒆𝒓𝒕𝒂𝒎𝒂, segarkan kembali ingatan istri tentang misi hidup manusia di dunia hanyalah untuk beribadah kepada Allah SWT. Salah satu caranya dengan membimbing istri memikirkan dan menelusuri jalan menuju keimanan, seperti hidup di dunia ini untuk apa, asalnya dari mana dan mau ke mana. 

𝑲𝒆𝒅𝒖𝒂, ajak istri untuk bersama-sama berkomitmen untuk selalu menjadikan halal-haram sebagai patokan perbuatan, baik dalam hidup berumah tangga, bertetangga maupun dalam aktivitas berbangsa dan bernegara. 

𝑲𝒆𝒕𝒊𝒈𝒂, tanamkan kebiasaan bertanya dalam diri apakah Allah ridha tidak dengan perbuatan yang akan dilakukannya. 

𝑲𝒆𝒆𝒎𝒑𝒂𝒕, agar poin keempat mendapatkan jawaban dengan tepat maka fasilitasi dan ajak istri untuk perbanyak membaca buku-buku yang mempertebal keimanan dan buku-buku fiqih tentang berbagai aktivitas yang akan dilakukan. 

𝑲𝒆𝒍𝒊𝒎𝒂, anjurkan istri untuk bergabung dengan komunitas wanita yang mengajarkan keimanan dan ketaatan kepada Allah SWT serta kritis terhadap setiap penyimpangan dari ajaran Islam. 

𝑲𝒆𝒆𝒏𝒂𝒎, tegur istri dengan santun dan penuh kasih sayang tatkala dia membangkang. Upayakan menegurnya tidak di depan umum atau pun di depan anggota keluarga yang lain.    

𝑲𝒆𝒕𝒖𝒋𝒖𝒉, bila tidak terima, maka punggungi istri di tempat tidur  untuk menunjukkan perasaan ketidakrelaan Anda. 

𝑲𝒆𝒅𝒆𝒍𝒂𝒑𝒂𝒏, bila tidak berubah juga, Anda diperbolehkan memukul istri dengan pukulan yang ringan dan tidak berakibat fatal apabila istri sudah keterlaluan dalam ketidaktaatannya seperti menunda-nunda shalat, meninggalkan rumah tanpa seijin suami, lalai mengasuh anak. dan lain-lain. Dan jangan lupa ingatkan kembali akan misinya hidup di dunia dan komitmen untuk selalu taat kepada Allah SWT. 

Semoga berhasil.[]



𝐉𝐨𝐤𝐨 𝐏𝐫𝐚𝐬𝐞𝐭𝐲𝐨 
Jurnalis

𝐷𝑖𝑚𝑢𝑎𝑡 𝑝𝑎𝑑𝑎 𝑟𝑢𝑏𝑟𝑖𝑘 𝑇𝑖𝑝𝑠 𝑛𝑒𝑤𝑠𝑙𝑒𝑡𝑡𝑒𝑟 𝐵𝑎𝑑𝑎𝑛 𝑊𝑎𝑘𝑎𝑓 𝐴𝑙-𝑄𝑢𝑟'𝑎𝑛 (𝐵𝑊𝐴) 𝑒𝑑𝑖𝑠𝑖 43 (𝘕𝘰𝘷𝘦𝘮𝘣𝘦𝘳-𝘋𝘦𝘴𝘦𝘮𝘣𝘦𝘳 2014).
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar