Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Program Ramadhan Bersama Anak


Topswara.com -- Pemerhati Anak dan Keluarga, Ustazah Zulia Ilmawati, S.Psi. menyebutkan program menghidupkan Ramadhan bersama anak.

"Banyak program untuk menghidupkan Ramadhan bersama anak," tuturnya dalam Kajian Fosis SDIT Insantama bertema Ramadhan Class Pocari Sweat: Ramadhan Momen Kedekatan Berkualitas Bersama Anak, Rabu (15/3/2023).

Ia mengatakan, sebelum Ramadhan tiba, alangkah baiknya jika disemarakkan dengan tarhib Ramadhan. Kemudian membuat program-programnya. Di antaranya adalah program keluarga bersama Al-Qur'an, shalat berjamaah, memberi iftar, bersedekah, meninggalkan hal-hal yang sia-sia, giat berdakwah, pesantren Ramadhan, sahur dan berbuka puasa di rumah, buka shaum spesial, iktikaf bersama keluarga, kajian bersama, dan program membaca buku bersama.

"Adapun cara membangun kedekatan bersama anak di bulan mulia ini misalkan perkenalkan bulan Ramadhan dan maknanya soal menahan keinginan," katanya.

Ia menambahkan dengan memberikan contoh yang lainnya, memberikan video atau buku anak, sehingga ada gambaran yang dapat membantu. Perkenalkan rutinitas yang harus dijalankan dalam keluarga. Seperti sahur, salat bersama, tidur siang, mendengarkan ceramah, buka puasa bersama, dan shalat Tarawih.

"Selain itu, bantu anak membuat daftar kegiatan harian, dan libatkan anak untuk ikut serta dalam kegiatan, seperti menyiapkan hidangan untuk berbuka puasa, dan lainnya," jelasnya.

"Prinsipnya, apa yang dilakukan oleh orang tua untuk anaknya, hendaknya itu merupakan kegiatan yang menyenangkan, lalu buat rutinitas yang bisa dilanjutkan meski Ramadhan sudah usai, dan bantu anak mengembangkan dirinya," tutupnya [] Nurmilati
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar