Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Membentuk Remaja Islam yang Tangguh


Topswara.com -- Kapolri jenderal  Kristiano Sigit Prabowo mengatakan akan tegas dalam menegakkan hukum untuk para bandar hingga pengedar narkoba di Indonesia. Dia meminta masyarakat agar tidak terjerat dalam lingkaran narkoba. 
 
“Ini juga sebagaimana komitmen dan perintah Bapak Presiden untuk melakukan pemberantasan narkoba dan beliau sudah memberikan perintah untuk menangkap dan menindak tegas para bandar maupun pemain besar narkoba tanpa ampun. “ katanya di gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan pada, Sabtu (31/12/2022) Republika.co.id.

Peredaran narkoba yang begitu masif di negeri ini tidak bisa dilepaskan dari sistem yang mengatur kehidupan ini. Oleh karena itu pemuda saat ini jauh dari harapan menjadi pejuang Islam dan ke mengembalikan aturan Islam dalam kehidupan. 

Pengaruh buruk ini semakin menjadi-jadi, karena mereka jauh dari pemahaman Islam yang sesungguhnya sehingga memperburuk kondisi akibat ketidak pahaman tentang Islam. Kondisi terburuk dengan banyak beredarnya narkoba di sekitar remaja, kriminalitas, L68T, pergaulan bebas, HIV/AIDS dan  banyak permasalahan akibat penerapan sistem sekuler.
 
Serangan yang masif dari sistem kapitalisme sekuler yang bekerja sepanjang masa dengan kerasnya, untuk menjauhkan remaja dari Islam dengan berbagai macam proyek seperti moderasi agama, pemberdayaan remaja, pergaulan sampai ke gaya hidup yang dengan mengedepankan hawa nafsu dibanding dengan mencari jati diri sesuai dengan pandangan Islam.
 
Pemuda hanya menjadi korban bahkan tergerus dengan perilaku yang diciptakan oleh kapitalis sekuler, yang menyesatkan.  Seharusnya pemuda harus menjadi garda terdepan yang memperjuangkan Islam sehingga menjadi bagian untuk mengembalikan kehidupan Islam. 
 
Tidak ada lagi pilihan bagi kaum muslimin,  hanya kembali kepada Al-Qur'an dan As-sunnah, mengajak berbagai lapisan, kaum muslimin, baik remaja muslim untuk berjuang mengembalikan penerapan aturan Islam dalam seluruh aspek kehidupan, termasuk remaja muslim terbebas dari berbagai cengkraman kerusakan.

Dan bangkit dari keterpurukan menuju kehidupan Islam yang aman sejahtera dan penuh keberkahan , sebagaimana  berfirman Allah SWT dalam surat Araf ayat 96 “Dan sekiranya penduduk negeri beriman dan bertakwa, pasti kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi.” Tetapi ternyata mereka mendustakan ayat-ayat kami, maka kami siksa mereka sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan. 
 
Untuk itu Islam telah memandu dengan rinci bagaimana membentuk para remaja sehingga bisa mencontoh Nabi Muhammad SAW dan para sahabat. Dengan bersama-sama mengkaji Islam politik kemudian mendakwahkannya dengan harapan umat muslim akan menjadikan paham akar permasalahan dan mengerti mereka harus bisa menyelesaikan permasalaan, dan menuntut penerapan aturan Islam di seluruh negeri, dalam nawungan sistem pemerintahan Islam Daulah Islam islamiah.

Dan ini butuh keberanian yang kuat itu dengan mempunyai akidah yang mendalam melaksanakan seluruh kewajiban baik ibadah dan akidah, membentuk berkepribadian Islam dan mewarnai dan kewajiban dakwah politik.

Harus senantiasa ada penguatan dan motivasi yang terus menerus dari keluarga dan dari jamaah dakwah, agar remaja pendakwah Islam politik senantiasa tegar dan kuat mintanya dalam menghadapi berbagai tantangan dan hambatan dalam aktivis dakwah.

Yaitu dengan saling memotivasi kemudian nasehati mengingatkan dalam kebenaran harus menjadi kebiasaan di dalam keluarga, bahkan dalam berinteraksi dengan masyarakat selalu menggelorakan di dalam keseharian remaja keluarga dan jamaah dakwah.

Oleh karena itu senantiasa doa dan kesabaran yang dipupuk dan disebutkan didalam setiap kegiatan para pengemban dakwah, termasuk remaja muslim dan kemudian bertawakal kepada Allah SWT, sambil berikhtiar yang maksimal dan optimal untuk memperjuangkan dakwah Islam dengan segenap jiwa dan raga sehingga menjadi keberkahan dan keridhaan dari Allah SWT.
 
Wallahu’alam bi ashawwab


Oleh: Kania Kurniaty
Aktivis Muslimah Ashabul Abrar Kayumanis Bogor
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar