Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ustaz Hanan Attaki: Lima Hal Berharga bagi Anak Muda agar Sukses dan Produktif


Topswara.com -- Ustaz kondang milenial, Hanan Attaki menuturkan bahwa menurut para ulama, ada lima hal berharga yang harus diketahui kalangan anak muda jika ingin sukses dan produktif.

“Ada lima hal yang sangat berharga khususnya buat anak muda. Dan ini menjadi sesuatu yang sangat penting kalau mereka pengen sukses, produktif, dan eksis," ungkapnya dalam video singkat di kanal YouTube pribadinya, Hanan Attaki (05/10/2022).

Pertama menurutnya, memiliki modal awareness (kesadaran), arena segala sesuatu harus dimulai dengan kesadaran. 

"Kalau misalnya kita enggak ada, atau bingung kita masih kayak lupa diri, maka belum punya modal yang banyak untuk mulai berproses menuju kesuksesan. Coba kalian berusaha untuk menemukan kesadaran diri kalian, tahu alasan kalian hidup, dan kalian bisa jadikan itu sebagai pegangan,” tuturnya.

Kedua, Ustaz Hanan menyebutkan harus punya dorongan atau motivasi yang kuat.  Seseorang mampu berjalan jauh, lari kencang, dan melakukan hal-hal besar Ketika memiliki motivasi dan dorongan kuat. Sehingga setiap orang harus mencari apa dorongan atau motif untuk bisa sukses. 

Seterusnya yang ketiga adalah knowledge dan experience yang sungguh-sungguh untuk dicari karena merupakan aset hidup. Menurutnya, para ulama sepakat dalam memahami modal utama hidup manusia adalah knowledge dan pengalaman. 

"Sungguh-sungguh nggak sih mencari aset knowledge dan experience? Kok dalam kebutuhan enterteint yang sifatnya sekunder dalam hidup kita mudah saja,  tetapi begitu untuk mendapatkan knowledge, kita kayak kok berhitung. Ah, mahal ah. Ah, mahal ah. Padahal para ulama mengatakan modal utama hidup adalah ilmu dan pengalaman. Bahasa sederhananya tadi ya, knowledge dan experience,” tambah Ustaz Hanan. 

Kemudian yang keempat disebut network. Model network ini adalah silaturahmi kalau dalam Islam. Silaturahmi menurut ajaran Islam berarti punya banyak teman, pandai bergaul terutama dengan orang-orang yang punya track record baik. Bisa menyemangati dalam kebaikan. Semakin luas network, menjadi modal besar untuk sukses. 

Terakhir atau yang kelima, kata Ustaz Hanan Attaki harus bisa memanfaatkan kesempatan (opportunity) belajar untuk meng-upgrade diri. Sebab kesempatan itu sangat mahal. []  M. Siregar
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar