Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Tiga Tips Istiqamah dalam Islam

Topswara.com -- Co-Founder Cinta Qur'an Ustazah Ummu Sajjad membeberkan tiga tips agar istiqamah dalam Islam.

"Setidaknya ada tiga tips agar Istiqamah dalam Islam," tuturnya dalam #AmazingRamadhanFest #KisahHijrah di kanal YouTube Cinta Qur'an TV, 22/7/2019.

Ia mengatakan, dunia memang benar-benar menggoda, godaannya dari ujung rambut hingga ujung kaki, dari pagi ke pagi lagi semuanya menggoda.

"Namun, jika kita ingat lagi, hidup ini untuk apa? Misalkan untuk makan, makan hanya sejengkal perut saja, pakai baju? Seberapa banyak baju yang dipakai? Lalu umur? Berapa lama umur kita?" tanyanya.

Menurutnya, jadi apa pun dunia yang akan dikejar manusia. Ia mengingatkan kembali akan tujuan hidup manusia. "Ingat, buat apa hidup? Toh segini-gini saja. Jadi, kalau manusia ingat bahwa tujuan hidup untuk taat kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala saja, sudah cukup," yakinnya.

Kemudian ia membacakan sabda Rasulullah SAW, "Jika hanya dunia yang dikejar, maka dapatnya dunia saja. Namun, jika akhirat yang dikejar, maka dunia akan mengikutinya di belakang," katanya.

"Maka dari itu, ingatlah yang pertama, kalau hidup di dunia itu untuk beramal shalih, taat pada Allah, taat pada perintah Allah, sudah cukup," lugasnya.

Kedua, mengingat kematian, bahwa umur manusia terbatas. "Jadi, kalau seseorang mau hura-hura, bersenang-senang, pernah terpikir tidak jika pas melakukan hal tersebut, Allah mencabut nyawanya?" tanyanya. 

"Padahal sebetulnya, jika manusia ingin meninggal dalam kondisi husnul khatimah, tentu bisa dipersiapkan," lanjutnya.

Ia menegaskan, manusia memang tidak tahu kapan datangnya ajal, tetapi dalam kondisi seperti apa ketika meninggal, bisa dipilih. Apakah sedang dalam kondisi shalat, amal shalih, atau maksiat.

Ketiga, memiliki teman yang baik, karena mereka akan menyalurkan energi positif ke teman-teman yang lainnya. "Apabila seseorang mempunyai energi positif di sekitarnya, maka orang lain pun akan ketularan. Karena ingat, yang namanya energi bisa berpindah, bisa ditransfer dari yang satu ke yang lain," jelasnya.

Ia mengatakan, begitu juga dengan energi positif ketaatan dan keshalihan, akan ditularkan.

"Jadi, tiga hal yang setidaknya bisa menjadikan kita istiqamah dalam Islam, yakni ingat kematian, ingat tujuan hidup di dunia untuk apa, dan memiliki teman yang baik," tuntasnya.[] Nurmilati
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar