Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Sistem Islam Mudahkan Mendidik Anak


Topswara.com -- Konsultan Keluarga Sakinah, Ustazah Dedeh Wahidah Achmad memaparkan, mendidik anak menjadi shalih-shalihah di dalam  sistem Islam itu mudah.

"Di dalam sistem Islam, di dalam kehidupan islami melahirkan anak yang shalih-shalihah, berbakti kepada orang tua, taat kepada Allah SWT, serta mengikuti teladan dari Rasulullah SAW itu mudah," tuturnya dalam Rubrik Tsaqofah Islam: Agar Anak Berbakti pada Orang Tua, di kanal YouTube Muslimah Media Center, Ahad (3/7/2022).

Ustazah Dedeh menambahkan, ini karena negara berperan untuk membantu orang tua, memfasilitasi dengan pendidikan di sekolah, kurikulumnya adalah kurikulum yang akan melahirkan anak yang shalih-shalihah. Di lingkungan masyarakat juga akan ditegakkan amar makruf nahi mungkar.

"Sehingga yang mendidik anak itu bukan hanya kita, yang menjadikan mereka supaya menjadi anak berbakti bukan hanya kita sebagai orang tuanya, tetapi masyarakat juga akan peduli," terangnya.

Ia melanjutkan, masyarakat juga akan mengarahkan dan mengingatkan ketika anak-anak melakukan pelanggaran saat jauh dari perhatian orang tua. 

Namun fakta sekarang menurut Ustazah Dedeh, mendidik anak itu menjadi beban berat bagi orang tua. Sekolah-sekolah banyak yang hanya sekedar transfer pengetahuan, bukan bagaimana mendidik anak-anak memiliki kepribadian Islam. Masyarakat juga masyarakat yang tidak peduli.

"Kapitalisme sudah menjadikan para orang tua perhatiannya hanya pada keuntungan materi, bukan bagaimana melahirkan anak yang berkarakter pemimpin," paparnya.

Lebih jauh ia mengatakan, apalagi negara kapitalisme yang sekarang ada, hanya fokus bagaimana mempertahankan kedudukan, mempertahankan keberlangsungan kekuasaan mereka, dan kelompoknya. 

"Padahal kapitalismelah yang paling bertanggung jawab terhadap generasi ini, tetapi mereka abai," imbuhnya.

Ustazah Dedeh mencontohkan abainya kapitalisme salah satunya adalah abai dengan sistem pendidikan, abai dengan hal-hal yang merusak anak-anak, karenanya ini tidak boleh dibiarkan, umat harus berkomitmen bagaimana supaya dalam keluarga itu bisa melahirkan anak-anak yang shalih dan shalihah.

Menurutnya, hanya anak yang shalih-shalihah dan berbaktilah yang akan menjadi investasi karena mendoakan orang tua sekalipun orang tua sudah meninggal dunia.

"Maka doa-doa mereka akan senantiasa dikirimkan kepada kita dan doa-doa itulah yang meringankan azab kubur dan akan melapangkan jalan kita ke surga, insya Allah," pungkasnya.[] Faizah
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar