Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Metode Rasional untuk Buktikan Keberadaan Allah


Topswara.com -- Influencer Dakwah Doni Riwayanto mengatakan, membuktikan adanya Allah itu cukup dengan metode Rasional. 

"Membuktikan kebenaran Allah, bahwa Allah itu ada dan kekuasaan-Nya itu sungguh luar biasa besar, itu cukup dengan metode rasional," ujarnya dalam dialog: Bisakah Tuhan Dibuktikan dengan Sains di YouTube Doni Riw Channel Ahad (17/07/2022). 

Ia menjelaskan, tidak semua hal bisa dibuktikan dengan metode sains atau ilmiah, ada yang cukup dengan metode rasional, dan itu masuk akal. 

"Jika ingin membuktikan bahwa Tuhan itu Maha segalanya, ya Antum lihat saja alam semesta yang luas ini, itu semua berawal dari siapa? dari Al Khaliq yang secara rasional," tuturnya. 

Menurutnya, cara membuktikan Allah itu ada secara rasional dimulai dari seluruh yang  bisa diindera, yang punya sifat terbatas yaitu  bumi, langit, bulan (alam semesta), manusia, dan kehidupan. 

"Kehidupan adalah aktivitas alam semesta, manusia atau aktifitas keduanya. Njenengan sebagai badan itu ya manusia, tapi njenengan berbicara, njenengan beraktivitas itu kehidupannya. Alam semesta, manusia, dan kehidupan memilik sifat terbatas, kalau tidak percaya pakai rasio, mana di antara yang ketiganya tidak terbatas?" tanyanya. 

Doni sapaan akrabnya menambahkan, manusia, bumi secara usia terbatas, secara usia yang bermula dan berakhir. Alam semesta seperti galaksi Bima Sakti, galaksi Andromeda terbatas, seluruh yang terbatas tergantung pada sesuatu yang lain.

"Misalnya alam semesta, siapa yang memulainya? Itu rasional, kalau alam semesta ada yang memulai, yang memulai itu apakah zat yang terbatas seperti manusia dan alam kan tidak, harus zat yang lebih dari itu. Maka zat yang mengawali alam semesta itu adalah zat yang tidak terbatas. zat yang memulai alam semesta ini adalah khaliq sebagai pencipta. Sementara zat yang disebabkan oleh Dia(khaliq) itu adalah makhluk yang diciptakan," tandasnya.[] Rina
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar