Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Terapi Bekam Atasi Nyeri Kepala


Topswara.com -- Dalam Islam, bekam adalah terapi pengobatan yang dianjurkan bahkan disunnahkan oleh Rasulullah SAW.

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya cara pengobatan paling ideal yang kalian pergunakan adalah hijamah.” (Muttafaq ‘alaihi)

Pun Rasulullah SAW bersabda: “Jika pada sesuatu yang kalian pergunakan untuk berobat itu terdapat kebaikan, maka hal itu adalah bekam (hijamah).” (HR. Ibnu Majah, Abu Dawud) 

Dalam riwayat lain, Rasulullah SAW bersabda: “Sebaik-baik pengobatan yang kalian lakukan adalah al hijamah.” (HR. Ahmad, shahih)

Bekam merupakan suatu metode pengobatan yang dilakukan dengan cara penghisapan kulit epidermis kemudian perlukaan, selanjutnya penghisapan untuk mengeluarkan keluar darah. Istilah bekam berasal dari bahasa Melayu. Dalam bahasa Indonesia, bekam disebut kop atau cantuk.

Terapi bekam dilakukan menggunakan kop khusus yang dapat menghasilkan tekanan, sehingga mampu menarik kulit dan mengeluarkan racun atau darah kotor.

Adapun nyeri kepala (cephalgia) adalah nyeri di bagian kepala, mulai dari nyeri berat hingga ringan dapat disebabkan disfungsi sistem saraf pusat atau hal lain seperti kurang tidur, kacamata dengan resep salah, stres, suara bising, atau penutup kepala yang ketat.

Terapi bekam dapat mengurangi nyeri kepala karena dalam proses bekam terjadi pengeluaran zat prostaglandin. Zat prostaglandin ini berfungsi mengirim sinyal rasa nyeri ke otak. Melalui proses bekam, zat ini dikeluarkan sehingga rasa nyeri yang dirasakan oleh pasien berkurang.

Bekam juga menstimulasi pelepasan endorfin dan enkefalin yang berperan mengurangi kepekaan (sensitivitas) terhadap nyeri. Zat-zat ini dilepaskan karena terjadi nyeri ringan akibat isapan dan sayatan alat bekam. Rasa nyeri menyebabkan timbulnya kram otot pada otot-otot yang melingkupi lokasi nyeri. 

Endorphin adalah salah satu opioid - pereda nyeri - endogen dalam tubuh kita yg berasal dari morfin (neuropeptida) yang menghambat transmisi nyeri di otak dan sumsum tulang belakang.

Titik Bekam yg digunakan untuk mengurangi nyeri kepala antara lain ummu mughits puncak kepala, hammah, yafukh, dan al-akhdain disesuaikan dengan sindrom pada klien.

Demikian fungsi terapi bekam untuk mengatasi nyeri kepala.



Oleh: Syam Purwaningsih, A.Md.Akup., S.Pt. 
(Owner Rumah Akupunktur dan Bekam Muslimah) 
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar