Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Aktivis Muslimah Ini Beberkan Fungsi-Fungsi Keluarga


Topswara.com -- Aktivis Muslimah, Ustazah Reta Fajriah menbeberkan fungsi-fungsi keluarga untuk keharmonisan di dalam sebuah keluarga.

"Keharmonisan di dalam sebuah keluarga sangat ditentukan oleh bagaimana seluruh fungsi-fungsi keluarga ini bisa berjalan," tuturnya dalam video pendek di kanal YouTube Muslimah Media Center, Selasa (19/4/2022).

Menurutnya, fungsi keluarga itu di antaranya:

Pertama, fungsi reproduksi. Ia menjelaskan, dalam pandangan Islam fungsi reproduksi tidak semata-mata berketurunan. 

"Tetapi, bagaimana juga menghasilkan keturunan yang nanti akan menjadi qurrota a'yun dan imam bagi orang-orang yang bertakwa," jelasnya.

Kedua, fungsi ekonomi. Ia menerangkan, fungsi ekonomi berkaitan dengan kewajiban suami memberikan nafkah kepada keluarganya. Meskipun menurutnya, fungsi ekonomi yang berperan suami, namun istri boleh membantu. Tapi ia menekankan, peran istri bukan menjadi tulang punggung.

"Bentuknya adalah sebagai bantuan atau sebagai bentuk kebolehan, namun kalau suami berada dalam posisi kewajiban," tekannya.

Ketiga, fungsi afeksi adalah fungsi kehangatan dan kasih sayang. Menurutnya, fungsi tersebut harus selalu dipupuk dan dibina, meskipun dalam keadaan sibuk dan konsentrasi dengan pekerjaan masing-masing. Ia pun mencontohkan, bahwa memupuk kehangatan dalam keluarga dapat dilakukan bersama-sama dan tidak perlu travelling yang menghabiskan banyak uang.

"Tapi bisa dilakukan di rumah, dikondisikan suasana yang hangat sambil bekerja bareng-bareng," contohnya.

Keempat, fungsi religi. Ia menjelaskan pentingnya fungsi religi, karena dalam perjalanan keluarga akan menghadapi banyak masalah dan ujian-ujian. Sehingga menurutnya, persoalan tersebut dapat dihadapi dengan tenang dan keimanan.

"Jika satu ditimpa ujian, maka yang lainnya akan membantu akan dihadapi secara bersama-sama," jelasnya.

Ia juga menjelaskan, jika fungsi religi tersebut kering akan menimbulkan stres di dalam rumah tangga meskipun memiliki kekayaan yang besar.

"Banyak orang-orang kaya itu berujung kepada perceraian ketika mendapatkan masalah-masalah, akan mengambil jalan pintas untuk menyelesaikan masalah tersebut," contohnya.

Kelima, fungsi proteksi (perlindungan). Menurutnya, bagaimama menjadikan keluarga sebagai tempat yang aman bagi anggota keluarga. Apalagi ia melihat, di tengah arus yang jauh dari kehidupan Islam, banyak kekerasan-kekerasan seksual yang terjadi di dalam rumah tangga yang dilakukan oleh orang terdekat. Ini karena fungsi proteksi tidak berjalan.

"Rumah yang seharusnya menjadi tempat yang paling aman bagi seluruh anggota keluarganya, justru menjadi tempat yang menakutkan. Tentu saja ini menjadi potret keluarga yang jauh dari nilai-nilai Islam," paparnya.

Ia menandaskan, bahwa agar semua fungsi-fungsi keluarga dapat berjalan membutuhkan kerjasama antara suami dan istri. [] Dewi Srimurtiningsih
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar