Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Al-Zarnuji: Wajib Berniat Waktu Belajar


Topswara.com -- Burhanul Islam Al-Zarnuji mengingatkan, wajibnya berniat waktu belajar.

“Wajib berniat waktu belajar,” tulisnya dalam kitab Ta'limul Muta'allim Tariq Al-Ta'allum dalam Fasal Dua Niat di Waktu Belajar.

Menurutnya, niat itu menjadi pokok dari segala hal, sebagaimana sabda Nabi SAW dalam hadis sahih: Sesungguhnya amal-amal perbuatan itu terserah niatnya.

“Dari beliau pula diriwayatkan sebuah hadis: Banyak amal perbuatan yang berbentuk amal dunia, lalu menjadi amal akhirat yang karena buruk niatnya maka menjadi amal dunia,” ujarnya.

Az-Zarnuji mengatakan, di waktu belajar hendaklah berniat mencari ridha Allah SWT, kebahagiaan akhirat, memerangi kebodohan sendiri, dan segenap kaum bodoh, mengembangkan agama dan melanggengkan Islam. “Sebab kelanggengan Islam itu harus diwujudkan dengan ilmu. Zuhud dan takwa pun tidak sah jika tanpa berdasar ilmu,” ungkapnya.

Dengan belajar pula, lanjutnya, hendaklah diniati untuk mensyukuri kenikmatan akal dan badan yang sehat. “Belajar jangan diniatkan untuk mencari pengaruh, kenikmatan dunia atau pun kehormatan di depan sultan dan penguasa-penguasa lain,” pesannya.

“Muhammad Ibnul Hasan berucap: ‘Andaikan seluruh manusia itu manjadi budak belianku, niscaya kumerdekakan seluruhnya dan bebaskan dari kekuasaanku',” pungkasnya. [] Achmad Mu’it
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar